Jawab 5 Pertanyaan ini! Jika Ingin Tentukan Niche Blog yang Paling Sesuai

Ketika ingin mencapai apa yang dinginkan atau dicita-citakan dalam membangun sebuah blog adalah menentukan tema dan topic yang tepat. Kenapa bisa begitu? Dalam dunia maya khususnya blogging, kejelasan blog pada sebuah tema tertentu dan lebih spesifik atau yang disebut Niche Blog sering mendapatkan keuntungan tersendiri dari pengunjung dan pemasang iklan.

Dengan hal seperti itu jika anda memiliki tujuan ingin blog anda popular atau mendapatkan keuntungan penghasilan dari membangun sebuah blog, tentunya blog anda memiliki niche tertentu yang sesuai harapan anda dan tujuan anda. Jikalau anda masih sedikit ragu untuk menentukan Niche Blog anda, maka ada 5 pertanyaan yang bisa memudahkan anda dalam menentukan niche yang tepat.

Berikut 5 pertanyaan tentang Niche Blog

niche blog yang paling sesuai

1. Apa yang anda sukai (Passion) anda?

Pertanyaan pertama adalah dasar dari saat anda menentukan Niche Blog yang solid untu anda. Jika anda menentukan tema atau topic blog anda, maka haruslah sesuai dengan selera anda sendiri, hal ini memudahkan anda dalam mengisi blog tersebut sesuai selera hati anda tanpa adanya tekanan.

Perihal seperti inilah yang sering menjadi hal yang tidak penting menurut mereka yang keliru dan dengan passion yang pas anda tentu secara ikhlas untuk selalu mengupdate blog anda nantinya. Niche dengan topik yang sesuai keinginan anda pasti akan membuat blog anda terus berkembang.

2. Apa tema atau topik tersebut popular?

Jika sudah menemukan passion yang tepat, hal selanjutnya adalah memperhatikan kepopuleran dari topik anda tersebut. Dengan menentukan topik atau tema yang popular akan sangat menguntungkan dalam menaikkan jumlah rating pengunjung. Sebab dengan adanya niche yang popular akan meningkatkan rating blog anda dengan cepat.

3. Apakah Niche Blog mengalami perkembangan atau malah penyusutan?

Tidak semua yang popular atau nge-trend bersifat awet dan langgeng. Dalam hal ini anda harus terus merawat blog jangan gunakan tema yang hanya popular sesaat saja. Gunakan Niche Blog yang benar-benar popular dalam waktu yang berkelanjutan dan terus berkembang.

Untuk mencapai itu dengan tujuan, anda harus lebih jeli lagi dalam menentukan niche yang tepat dengan konsekuensi yang berkelanjutan.

Kepopuleran dari topic ini sangat berpengaruh untuk kelangsungan blog anda, gunakan kepopuleran yang bersifat langgeng dan selalu dibutuhkan oleh pengunjung blog anda. Seperti misalnya tentang sepak bola atau semacamnya. Hal ini anda fikirkan matang-matang dan penuh kreatif.

4. Bagaimana tingkat persaingan para blogger dengan topik tersebut?

Lebih dalam lagi dalam pemilihan Niche Blog ini, seorang sejati blogger harus mampu menjawab tantangan seberat apa persaingan antar blogger dengan topic atau tema yang anda pilih tersebut?.

Sebenarnya jaman sekarang blog layaknya bisnis yang berkembang diam-diam dengan persaingan yang sengit karena tema yang popular memiliki tingkat persaingan yang signifikan dengan blogger lain.

Maka dengan hal itu pilihlah niche yang tidak terlalu memiliki persaingan yang berat dengan blogger lain, dengan tingkat persaingan yang minim akan lebih menguntungkan anda dalam meningkatkan pengunjung. Yang terpenting jangan mudah menyerah dalam sebuah persaingan antar blogger.

5. Apa Niche Blog tersebut menguntungkan (profitable)?

Pertanyaan untuk menentukan Niche Blog adalah keuntungan dari niche tersebut. Dalam perihal ini, profitable dalam blogger ini tidak hanya untuk para blogger yang bertujuan focus pada monetisasi saja.

Melainkan blogger juga butuh sebuah hasil dari pemikiran yang anda bisa bagikan. Pastikan blog yang anda bangun berdasarkan niche tertentu, dengan hal ini akan membawa blog anda dalam sebuah keuntungan yang menjanjikan.

Profit disini dapat anda lihat dan rasakan dari progress hari ke hari dalam mengembangkan blog anda tersebut, demi mencapai sebuah tujuan yang akan anda capai.

Selama dalam pengembangan untuk memulai membangun sebuah blog. 5 pertanyaan tentang Niche Blog diatas akan membawa anda dalam sebuah bisnis yang terus menguntungkan, hal itu jika anda mau dan memiliki kemauan untuk terus maju. Selamat mencoba yang penting yakin.

Leave a Reply