Nyari Tempat Wisata Di Lombok? Coba Kunjungi Beberapa Lokasi Ini

MORIUZ.COM| Tempat Wisata Di Lombok – Siapa sih yang tidak tertarik untuk mengeksplore alam Indonesia? salah satunya adalah di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yakni Lombok. Lombok merupakan sebuah pulau yang berlokasi tepat di sebelah timur pulau Bali.

Setelah puas dengan keindahan pulau bali, anda harus juga menikmati tempat wisata di Lombok yang tak kalah eloknya dengan pulau bali. Beberapa tahun terakhir ini sektor pariwisata adalah sektor terpenting bagi masyarakat Lombok.

Bagaimana tidak semakin hari semakin banyak wisatawan yang datang penasaran dengan tempat wisata di pulau Lombok. Hingga sekarang tempat wisata di Lombok menjadi salah satu wisata alternatif selain ke pulau bali.

Di pulau Lombok ada banyak tempat wisata yang masih original dan tentunya lebih elok dari bali. Ya, karena orang masih jarang ke pulau Lombok, maka beberapa tempat wisata di pulau Lombok masih bisa dikatagorikan sebagai alam yang perawan.

Keindahan alam Lombok memang memberikan nilai keeksotisan tersendiri, sehingga Lombok memberikan sesuatu yang unik dan berkesan dibanding panorama wisata lainnya. Tak heran jika sekarang wisata destinasi di Lombok reputasinya sudah dikenal di dunia dan mancanegara.

Beberapa pandang mata pun tidak ada yang menyangsikan betapa indahnya pantai di Lombok. Anda bisa melihat bagaimana sunrise dan sunset yang begitu memukau. Ya, mengunjungi beberatap tempat wisata Lombok akan membuat perjalanan wisata anda semakin berkesan.

Nah, pantai di Lombok juga merupakan sebuah pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki hoby surfing. Anda akan merasakan bagaimana gulungan ombak yang ganas dan memacu adrenalin anda. Berikut ini daftar tempat wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi.

Tempat wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi

1. Gunung Rinjani

Mengenai Tempat wisata di Lombok salah satunya yaitu Gunung Rinjani. Gunung yang memiliki gunung berapi. Gunung ini memiliki ketinggian lebih kurang 3.7 mdpl. Gunung rinjani dijadikan ikon wisata sekaligus tempat wisata di Lombok yang paling terkenal.

Gunung rinjani juga merupakan gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia. gunung ini juga memiliki nilai spiritual tinggi di kalangan penganut agama Hindu, karena dianggap sebagai tempat tinggal dari para dewa. Gunung rinjani dijadikan sebagai tempat wisata pendakian favorit di Lombok.

Banyak wisatawan pendaki yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati pemandangan indah dari gunung rinjani. Untuk dapat mencapai puncak gunung rinjani ini, anda membutuhkan waktu beberapa hari bergantung fisik anda mendaki. Jadi anda perlu mempersiapkan fisik yang cukup matang untuk mendaki gunung ini.

Di gunung rinjani ini juga terdapat kawah yang cukup luas. Ada sebuah danau kawah yang disebut dengan danau segara anak. Menurut keyakinan penduduk setempat, jika danau segara anak terlihat luas, maka itu pertanda bahwa usia orang yang melihatnya diberi usia panjang.

Sebaliknya pun begitu, maka sebelum melihat danau ini disarankan untuk bersih diri dan menenangkan jiwa. Tapi, danau ini juga dapat digunakan untuk tempat memancing.

2. Pura Batu Bolong

Selanjutnya Beberapa Tempat Wisata Di Lombok yang menarik adalah Pura batu bolong. Pulau ini terletak di daerah sengigi yang berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke laut. Kemudian, di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini diberi nama pura batu bolong. Seperti pura-pura pada umumnya di bali.

Untuk dapat memasuki pura batu bolong anda harus menggunakan kain berwarna kuning di pinggang. Pura batu bolong ini memiliki latar belakang pemandangan gunung agung dan selat Lombok. Sehingga cocok untuk berfoto-foto karena pemandangannya cukup indah terutama saat sunset.

3. Pantai Senggigi

Salah satu pantai yang memiliki pengunjung paling banyak adalah pantai sengigi. Pantai sengigi ini berlokasi di bagian barat pulau Lombok. Pantai senggigi ini memiliki panorama yang hampir sama dengan pantai kuta, bali.

Pantai senggigi ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkling. Pantai ini juga memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga akan memanjakan anda dengan keindahan pasir pantai dan air laut yag masih jernih.

Karena cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, maka fasilitas seperti restoran, hotelm bar dan sarana transportasi pun sudah lengkap.

4. Taman Narmada

Taman narmada merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang padat di kunjungi pengunjung. Taman ini di bangun oleh Raja Mataram pada tahun 1727. Taman ini berasa di desa lembuak, sekitar10 km sebelah timur kota mataram. Taman ini dulu digunaka sebagai tempat istirahat dan upacara raja.

Hal unik dari taman narmada adalah desain taman yang merupakan replika dari gunung rinjani. Selain itu jugaterdapat sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda membasuh muka dan meminum air tersebut.

5. Air Terjun Sendang Gile

Tempat wisata di Lombok berikutnya ialah Air terjun sendang gile. Objek wisata ini berada di Lombok utara, jika dari kota mataram memerlukan waktu 3 jam. Air terjun sendang gile ini adalah pintu masuk awal pendakian dari gunung rinjani.

Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda gunakan untuk mandi atau membasuh muka. Untuk dapat menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.

6. Danau Segara Anak

Sudah sedikit di ulas di atas danau segara anak yang berada di gunung rinjani. Tempat wisata ini berlokasi di kawah gunung rinjani. Beberapa mitos menyatakan bahwa Danau Segara Anak sampai sekarang masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air laut.

7. Gili Trawangan

Tempat Wisata di Lombok yang tak kalah menariknya yaitu Gili trawangan. Tempat wisata ini merupakan pulau terbesar dari kelompok pulau tiga gili. Gili trawangan ini juga merupakan pulau yang paling ramai dikunjungi di antara 3 pulau gili yang ada.

 

 

Uniknya di pulau gili trawangan ini tidak ada kendaraan bermotor, sehingga untuk dapat menjelajah pulau ini anda hanya menggunakan sepeda yang banyak disewakan di pulau ini. Ada pun kegiatan wisata yang menjadi favorit adalah menyelam, snorkeling, selancar, dan yoga.

8. Pantai Kuta Lombok

Di Lombok juga ada pantai yang bernama Kuta. Karena pantai ini berada di desa Kuta. Pantai ini memiliki pasir yang halus seperti merica, sehingga pantai ini disebut dengan pantai merica. Pantai kuta Lombok merupakan salah satu pantai terindah di indonesia karena masih jarang di jamah wisatawan.

9. Pantai Sire

Bila cuaca sedang cerah bertandanglah ke pantai sire. Di sana anda akan mendapatkan keindahan gunung rinjani yang begitu indah. Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, sampai dengan memancing. Sama seperti pantai-pantai lain di Lombok, pantai ini menawarkan air laut yang maish bersih

10. Hutan Monyet Pusuk

Tempat wisata di Lombok yang menarik berikutnya adalah Hutan monyet pusuk. Hutan ini juga berada di kawasan gunung rinjani. Hutan ini merupakan habitat dari ratusan monyet.

Lokasi hutan monyet pusuk ini biasanya menjadi tempat peristirahat bagi wisatawan yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile. Bila Anda membawa makanan, monyet-monyet ini akan berusaha mengambilnya dari Anda. Maka anda harus berhati-hati.

Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata di lombok yang mungkin anda belum kunjungi. Semoga ini menjadi referensi baru bagi anda untuk melakukan Traveling atau liburan ke pulau Lombok. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply