OnePlus Belum Memiliki Fitur Update OS Cepat di Android Oreo

Baru-baru ini, OnePlus mengonfirmasi bahwa tidak ada satupun dari perangkat terbaru mereka, termasuk 3/3T dan 5/5T, yang akan mendukung fitur Project Treble bahkan setelah diperbarui ke OS Android Oreo.

Project Treble sendiri merupakan salah satu fitur unggulan untuk membantu update sistem operasi Android yang lambat, dengan memungkinkan produsen bisa menggunakan sistem operasi Google terbaru tanpa harus menunggu mitra chip mereka untuk mendukungnya.

Pada saat Project Treble diumumkan, perangkat yang diperbarui ke Android Oreo dikatakan sudah memenuhi syarat untuk menggunakan fitur tersebut. Tapi kenyataannya, walaupun perangkat Anda sudah dibekali Android Oreo dari pihak produsen, tidak menjamin Anda bisa melakukan update lebih cepat saat Google merilis sistem operasi terbaru.

Hal yang mengecewakan konsumen adalah karena ponsel terbaru OnePlus 5T masih menggunakan Android Nougat. Di lain sisi, ponsel Google Pixel generasi pertama justru sudah mendukung Project Treble, walau ponsel tersebut pertama kali dirilis dengan Android Nougat. Begitu pula ponsel bapak Android, Essential Phone, yang akan segera menyusul.

Jadi, sebenarnya fitur ini masih mungkin bisa digunakan, bahkan meskipun ponsel dengan dukungan Android Oreo masih langka dalam beberapa bulan ke depan.

Tidak mengejutkan bahwa OnePlus belum mendukung Project Treble dan bukan suatu masalah juga jika ponsel masih mendukung sistem operasi yang lama (Nougat). Namun untuk ke depannya, konsumen tentu akan diuntungkan dengan komitmen perusahaan-perusahaan ponsel dalam melakukan pembaruan sistem operasi Android dengan lebih cepat.

Leave a Reply