Panduan Google Adsense Untuk Bogger Pemula, [Tutorial dasar]

Halo sahabat blogger bertemu lagi dengan saya disini untuk mengulas mengenai dunia blogging dan sekitarnya. Untuk pembahasan artikel kali ini saya akan memberikan panduan google adsense dan mengajak teman-teman blogger memahami dengan baik seperti apa Google adsense dan seperti apa cara penggunaanya.

Google adsense merupakan salah satu sumber penghasilan pertama para blogger untuk sekarang ini. Penghasilan yang diberikan oleh Google adsense ini juga tidak main-main. Untuk seorang blogger yang sudah sukses mampu menghasilan puluhan juta dalam sebulan hanya dengan menggunakan Google adsense.

Wajar saja jika saat ini banyak sekali blogger-blogger profesional yang hanya menunggu gajian setiap bulannya. Google adsense berbeda dengan para pengiklan yang langsung menghubungi anda.

Google adsense mempunyai peraturan dan kebijakan sendiri yang harus benar-benar anda pahami dan taati. Jika tidak maka banned permanen sudah ada didepan mata anda. Lantas seperti apa blog yang cocok untuk Google adsense sendiri ? Mari kita bahas dengan lengkap diartikel kali ini.[toc]

Panduan Google Adsense Untuk Blogger Pemula.

A. Pengertian Google adsense

Dalam Panduan Google Adsense ini Yang pertama saya akan membahas terlebih dahulu apa itu Google adsense. Bagi yang belum tahu mengenai adsense, “Adsense adalah sebuah periklanan dari yang dikembangkan oleh Google untuk membantu pihak-pihak tertentu yang membutuhkan bantuan Promosi secara online di Internet“.

Google akan menayangkan iklan-iklan ini dalam bentuk yang cukup bervariasi. Melalui Aplikasi di Google playstore, kemudian melalui Video Youtube, melalui Situs website atau blog yang saat ini kita bahas dan juga melalui email dan media lain yang bisa jadi milik Google sendiri dan adanya kerjasama dengan pihak lain.

Google adsense merupakan salah satu peluang yang baik untuk setiap blogger yang bergelut dalam dunia Blogging. Dengan adanya adsense ini semua blogger bisa merasakan penghasilan mereka sendiri dan menikmati hasil jerih payah yang selama ini mereka lakukan.

Istilah lebih simpel Google memberikan peluang untuk semua blogger agar mendapatkan penghasilan dari kegiatan Blogging. Semata-mata Google memberikan hadiah yang tidak Cuma-Cuma kepada mereka yang tekun menjalani aktivitas dalam dunia Blogging sendiri. Tidak heran jika semua blogger berebut untuk mendapatkan akun google ini, bahkan ada yang rela hingga membeli jutaan rupiah dari orang lain.

Penghasilan yang diberikan dari google adsense sendiri juga tidak Cuma-Cuma, ada keuntungan lain yang bisa anda rasakan. Ketika anda menjadi seorang penayang Iklan Google adsense. Bisa dipastikan posisi Blog anda akan jauh lebih baik dibandingkan dengan blog lain.

Hal ini merupakan tujuan dari Google sendiri agar setiap iklan yang tampil diblog anda bisa dilihat dengan jelas dan diutamakan untuk pengunjung.

Wajar jika google lebih menyarankan blog dengan umur yang cukup matang dan juga dengan pembahasan konten yang lebih signifikan. Bagi anda yang masih belum paham bagaimana membuat konten yang disukai oleh Google adsense akan saya bahas setelah ini.

B. Tahap pembuatan blog yang baik untuk Adsense

Panduan Google Adsense yang berikutnya kita akan masuk pada proses pembuatan atau persiapan pembuatan blog yang baik untuk google adsense nantinya, untuk membuat blog ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dengan baik. Selain pemilihan jenis Niche atau kategori blog, ada hal lain yang perlu anda perhatikan.

Yaitu mengenai Tampilan dan jenis domain. Jenis domain akan mempengaruhi jenis akun google adsense apa yang akan anda dapatkan. Untuk jenis domain dengan ekstensi TLD { Top Level Domain } Maka anda akan mendapatkan akun jenis Non Hosted.

Yang mana akun Google adsense Non Hosted ini bisa dipasang dimana saja terserah anda ingin memasangnya dimana, semua website tentunya bisa. Yang pasti persentase keamanannya sendiri jauh lebih rawan dibandingkan dengan yang Hosted.

Sedangkan untuk anda yang menggunakan jenis Platform blogger gratisan seperti Blogspot maka akan mendapatkan jenis akun Hosted. Yang mana akun ini hanya bisa dipasang pada blog blogspot saja dan tidak bisa dipasang ke blog TLD. Bisa jika diupgrade terlebih dahulu ke non Hosted, untuk proses upgradenya sendiri juga ada prosedurnya.

Nah lanjut untuk pemilihan nama domain lebih baik sesuai dengan jenis niche yang anda pilih, misalnya saja niche Kesehatan. Buat domain dengan nama, misalnya : www.infokesehatan.com.

Jika sudah ada yang menggunakan cari nama lainnya, kalau menggunakan blog gratisan pastikan penggunaan judul domain yang signifakan juga dengan judul blog anda nantinya.

Kemudian kita akan membicarakan mengenai tampilan blog anda, untuk masalah tampilan tidak terlalu dipentingkan. Yang pasti google lebih menyarankan anda menggunakan tema atau template yang memiliki Sidebar yang lebar, hal ini untuk peletakan kode iklan adsense nantinya.

Semakin rapi tampilan template blog anda maka semakin besar peluang anda diterima Google adsense. Jangan terlalu membuat tampilan yang terlihat norak, buat apa adanya dan prioritaskan kenyamanan pengunjung saat berkunjung ke blog anda. Maka dari itu alasan Google memberikan tahap review sebanyak 2 kali, apakah blog anda cukup memenuhi syarat atau tidak.

Hal ini akan ditinjau Google dengan cara meletakan kode adsense diseluruh bagian halaman blog anda. Nah dari persiapakan blog sudah selesai. Lanjut ke persiapan pembuatan konten.

Baca Juga: Solusi Mengatasi Pin Google Adsense Tidak Kunjung Datang

C. Persiapan pembuatan konten blog yang baik untuk adsense

Panduan Google Adsense Selanjutya kita lanjutkan ke proses pembuatan konten artikel blog yang menarik untuk Google adsense, adsense tidak terlalu menyukai jenis konten yang berhubungan dengan hoax, Obat, Porn dan lain-lain.

Anda harus mengindari jenis konten-konten seperti itu karena sama sekali tidak disarankan oleh Google adsense sendiri. Jika blog anda merupakan jenis blog kesehatan maka bahas mengenai kesehatan secara Umum.

Jangan masuk ke bagian penggunaan Obat-obat yang mungkin bisa dianggap sebagai promosi oleh Google. Ingat google adsense merupakan salah satu media iklan yang paling sering cemburu dengan iklan lain. Jika blog anda sudah menampilkan iklan adsense, maka jangan tampilkan iklan lain apalagi disandingkan.

Jika ingin memasang iklan lain maka iklan adsense dilepas terlebih dahulu. Lanjut ke proses pembuatan konten adsense. Konten yang baik dan bagus untuk Google adsense adalah jenis konten yang memberikan pengertian, penjelasan dan pembahasan yang lebih merinci.

Seperti apa konten yang memiliki pembahasan lebih rinci ? Adalah jenis konten yang dilengkapi dengan Gambar, media Video, Info Grafis dan juga animasi pendukung yang bertujuan untuk membuat pembacanya semakin Jelas apa yang sedang mereka baca.

Pembuatan konten setidaknya lebih dari 1000 kata. Semakin banyak konten yang anda buat maka semakin besar peluang diterima adsense. Adsense tidak mau menampilkan iklan mereka diblog yang hanya berisikan sambutan konten yang isinya hanya bertele-tele.

Memberikan sambutan maupun pendahuluan setidaknya juga ada isi yang harus bisa diserap oleh pengunjung. Konten yang unik dan menari merupakan salah satu jenis konten yang paling disukai google adsense.

D. Persiapan Optimasi Konten Dan Optimasi Blog

Panduan Google Adsense Tahap Selanjutnya, Membahas Mengenai Optimasi blog,  Untuk melakukan optimasi blog yang perlu diperhatikan yaitu dari segi Tampilan dan indeks konten terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk didahulukan oleh para blogger jika ingin blognya dilhat dengan baik oleh Google.

Penggunaan tools dan juga softwere dalam proses optimasi blog sangatlah tidak disarankan karena bisa jadi malah akan membuat Google semakin tidak percaya dengan niat anda. Dan blog anda bisa terindikasi blog spam.

Maka dari itu proses optimasi blog itu sangatlah rawan sebenarnya jika tidak dilakukan dengan baik-baik, salah langkah saja bisa menyebabkan hal yang sangat fatal.

Terlebih masalah indexing yang akan semakin lama, padahal syarat untuk mendapatkan akun Google adsense adalah blog harus sudah terindexs dan mempunyai rangking yang bagus dimesin pencari. Jika tidak maka sudah bisa dipastikan blog tidak akan diterima Google adsense.

Ada cara termudah yang mungkin bisa membosankan untuk setiap blogger. Kalau anda ingin melakukan optimasi blog maka lakukanlah secara sederhana saja, tidak usah terlalu terburu-buru atau mengikuti saran teman yang pada dasarnya belum pernah merasakan penghasilan adsense secara nyata dan hanya katanya saja.

Untuk itu lakukan dengan cara anda sendiri, kalau saya pribadi lebih suka melakukan optimasi pada bagian Konten saja, karena menurut saya hal yang perlu diutamakan untuk para pengunjung ada dibagian konten artikel.

Semakin baik konten yang kita buat maka semakin baik pula respon yang diberikan oleh pengunjung. Tidak heran jika banyak blog yang dikerumunin pengunjung karena isinya yang super sekali.

Proses optimasi yang sering saya lakukan adalah : Riset keyword, anda bisa menggunakan Google planner dan juga bisa menggunakan bantuan dari prediksi Search engine dan Google Trend.

Kemudian yang kedua adalah masalah Responsive tampilan Template. Jenis template juga akan mempengaruhi diterima atau ditolaknya Blog oleh Google adsense. Pastikan tampilan template cukup Responsive dan human Friendly, jika bisa sesuaikan dengan algoritma Mobilegeddon yang sudah ada sekarang ini.

Masalah tampilan dalam tidak perlu diutamakan yang pasti tampilan untuk seluruh perangkat bisa tampil dengan baik dan juga nyaman untuk mata pengunjung blog anda.

Adapun hal-hal yang perlu anda optimasi dibagian tampilan blog : Font, kemudian Colour warna yang enak dipandang [ Putih, Hitam dan biru ] merupakan perpaduan warna yang cukup menarik untuk anda gunakan. Kemudian masalah ukuran Font juga penting, usahakan dalam perangkat smartphone maupun Tablet bisa terbaca dengan jelas.

E. Teknik mendapatkan penghasilan dari Google Adsense

Kemudian langkah terakhir yaitu bagaimana cara kita untuk mendapatkan penghasilan dari Google adsense, untuk mendapatkan penghasilan dari Google adsense sebenarnya cukuplah mudah.

Bagi anda yang sama sekali belum bisa mendapatkan penghasilan hingga 100.000 untuk perharinya maka anda patut untuk membaca bahasan dibawah ini.

Nah jika anda sudah membaca penjelasan mulai dari tahap persiapan pembuatan adsense untuk blog yang ada diatas maka silahkan lanjut untuk membaca pembahasan untuk mendapatkan penghasilan dari Google adsense dibawah ini.

Ada beberapa tahap juga agar blog anda bisa menghasilkan uang dari Google adsense hingga Ratusan ribu untuk setiap harinya, apa saja yang bisa anda lakukan ? Simak ulasannya dibawah ini.

  •  Meningkatkan jumlah pengunjung

Yang pertama adalah dengan meningkatkan JUMLAH pengunjung. Meningkatkan jumlah pengunjung adalah hal pertama yang harus anda lakukan setiap harinya, tanpa pengunjung yang banyak maka sia-sia saja anda bisa mendapatkan penghasilan dari Google adsense walaupun anda sudah memiliki akun sendiri.

Percuma kalau anda memiliki akun namun belum bisa mendapatkan penghasilan. Prinsip saya sebagai seorang blogger yang ingin berpenghasilan, yang pertama kali saya pikirkan bukanlah mengenai penghasilan terlebih dahulu melainkan bagaimana cara untuk memproduksi konten yang benar-benar bermanfaat untuk orang lain.

Dari sini ketika konten anda bisa dinikmati oleh orang lain atau pengunjung dari internet maka anda tidak akans sia-sia, karena anda akan mendapatkan kompensasi juga dari mereka.

Dalam bentuk apa ? Tentu saja denggan menshare kembali konten anda, melakukan klik Iklan untuk meningkatkan semangat ngeblog anda, dan lain-lain yang bertujuan memberikan support kepada anda untuk memproduksi konten yang menarik dan unik.

Pengunjung sulit untuk didatangkan dengan cepat. Tapi kalau anda konsisten dan mau fokus tentu akan lebih mudah. Salah satu blogger yang paling berpenghasilan seperti Eka Lasmana.

Dia hanya seorang pengangon bebek namun tidak pernah putus asa untuk mencoba sesuatu yangb benar-benar menghasilkan. Salah satu bisnis yang paling sukses dia jalankan adalah dengan berbisnis Adsense.

Bermodalkan blog inggris, sekarang dia menjadi Jutawan Google adsense diumur yang masih muda. 1 Bulan bisa mendapatkan Ratusan Juta. Orang tua mana yang tidak bangga jika anaknya sudah berpenghasilan seperti pejabat ?

  • Meningkatkan Kualitas konten

Kemudian yang kedua adalah dengan meningkatkan kualitas konten. Meningkatkan kualitas konten bukan berarti harus memperbanyak konten yang ditulis  Itu salah Fatal untuk memperbanyak konten yang harus anda lakukan adalah dengan meningkatkan proses penulisan konten.

Misalnya saja dengan menambah Info Grafis dan juga gambar sebagai keterangan lanjutan setelah menulis kata-kata. Cara ini memang sangat baik sekali untuk meningkatkan kualitas konten di mata mesin pencari.

Membuat sebuah konten dengan strategi yang baik akan menghasilkan produk yang baik pula. Oleh karena itu usahakan jangan membuat konten karena mengikuti orang lain, tapi buatlah konten sesuai dengan yang anda harapkan dan anda inginkan.

Tidak mudah memang membuat sebuah konten kualitas baik, tapi jika anda berusaha dengan baik tentu hasilnya tidak akan mengecewakan.

  • Promosi di Grub

Yang berikutnya kalau ingin meningkatkan penghasilan Google adsense namun belum terlalu banyak pengunjung, lebih baik anda menggunakan Grub-Grub yang ada di Facebook maupun di Google plus untuk menjaring banyak pengguna Internet.

Jika produk yang dihasilkan oleh Blog anda mempunyai kualitas yang baik bisa dipastikan anda mendapatkan penghasilan yang banyak juga.

Hal ini dikarenakan konten yang anda sebarkan kepada pengunjung Grub cukup menarik dan mudah dimengerti oleh banyak orang. Manfaatkan grub dan komunitas yang ada jika ingin blog anda terkenal dengan cepat. Teknik ini merupakan salah satu teknik SEO terbaik yang harus diterapkan oleh anda.

  • Pasang kode iklan tertarget

Kemudian yang terakhir adalah dengan memasang kode iklan Google adsense secara Tertarget. Cara ini sangat baik dilakukan untuk meningkatkan penghasilan google adsense.

Dimana sih Lokasi yang tepat untuk memasang Kode iklan Google adsense di Blog ? Ada 3 tempat strategis yang harus anda gunakan untuk menempatkan iklan adsense.

Yang pertama ada dibagian samping kanan atas ukuran 300 x 250, dan bagian disebar sebelah kanan maupun Kiri dengan ukuran yang sama. Dan bagian header dengan ukuran 700 x 25.

Nah itulah beberapa panduan mengenai Google adsense untuk para pemula, semoga informasi dan penjelasan ini cukup berguna dan bermanfaat bagi semua blogger yang masih baru saja bergelut dalam dunia Blogging.

Dan jangan lupa untuk mempraktekan apa yang anda dapatkan dari blog ini. Menshare kembali artikel ini sama saja anda mendukunga atau mensupport semua karya dari kami.

Leave a Reply