Peluang Bisnis Tanaman Hias Untung Besar, Simak Tips dan Caranya

Peluang Bisnis Tanaman Hias Untung Besar – Halo sahabat bisnis bertemu lagi dengan saya diblog Moriuz.com untuk membahas Berbagai peluang bisnis yang bisa anda coba.

Nah untuk kali ini saya akan berbagi peluang bisnis dengan tanaman hias yang merupakan salah satu Potensi bisnis rumahan yang cukup populer dengan penghasilan yang bisa dikatakan lumayan Besar.

Peluang bisnis rumahan ini tentu menjadi minat semua orang terlebih untuk anda yang mempunyai lahan tidak dipakai didepan maupun dibelakang rumah anda.

Bisnis tanaman hias ini tidak sesulit yang anda bayangkan, Mungkin yang paling sulit dari bisnis ini adalah dari segi peratawan dan pengelolahan lahannya saja. Tapi kalau sudah terbiasa dan punya pengalaman yang baik tentang tanaman maka tidak salah kalau anda mencoba mencari peluang bisnis dari tanaman hias ini.

Berikut ini saya akan mencoba memberikan informasi seperti apa persiapan ketika ingin membuka bisnis tanaman hias dirumah anda. Ingin tahu lebih lanjut ? Langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Persiapan awal membangun Bisnis Tanaman Hias

a. Lahan

Yang pertama kita berbicara mengenai lahan terlebih dahulu. Lahan yang cukup luas sangat diperlukan untuk budidaya tanaman hias.

Paling tidak ukuran lahan sekitar 10 x 10 meter itu sudah cukup luas untuk berbagai jenis tanaman. Untuk pemilihan lahan sendiri lebih baik jangan terlalu gersang.

Usahkan sudah ada pepohonan yang cukup rimbun. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak langsung terkena sinar matahari secara langsung. Bisa jadi jenis tanaman tertentu bisa mati dan layu karena langsung terkena sinar matahari. Usahakan mencari lahan yang sedikit dengan suhu dingin.

b. Pemilihan bibit Tanaman

Yang kedua adalah pemilihan bibit tanaman sendiri. untuk pemilihan bibit tanaman yang paling bagus mungkn lebih baik bibit yang biasanya dipakai oleh orang-orang untuk hiasan rumah, apartemen, perkantoran maupun sekolahan.

Untuk menghemat biaya lebih baik gunakan bibit yang mudah untuk dirawat dan tidak mudah mati pada suhu lingkungan tertentu.

Anda bisa mencari referensi lain untuk memilih bibit tanaman hias yang paling banyak dicari oleh orang-orang, Terlebih tanaman hias yang cocok untuk tempat-tempat umum seperti sekolahan, kampus, rumah sakit, Apartemen dan lain-lainnya.

Baca Juga: Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Yang Menjanjikan

c. Perawatan tanaman

Yang kedua adalah perawatan tanaman, untuk bagian ini mungkin anda harus belajar terlebih dahulu, anda bisa belajar dari Internet maupun dari orang yang sudah paham dengan perawatan bibit tanaman hias.

Karena jika perawatan yang dilakukan salah maka bibit juga sulit untuk tumbuh dengan baik, Perawatan sangat diutamakan ketika anda berbisnis dengan tanaman hias, Baik penyiraman tanaman dan juga pemberian pupuk tanaman.

d. Media tanam

Yang berikutnya kita membicarakan mengenai media tanam, untuk media tanam sendiri lebih baik sesuaikan dengan tempat asalnya tanaman hias. Ada tanaman hias yang membutuhkan media khusus untuk proses penamannya sendiri, dan ada juga yang membutuhkan media sembarang bisa menggunakan barang bekas maupun barang lain yang masih bisa dimanfaatkan dengan baik.

Persiapan lanjutan dalam bisnis Tanaman  Hias

Kemudian untuk persiapan lanjutan yaitu proses pemasaran maupun penjualannya sendiri, untuk proses pemasaran tanaman hias sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa menjual tanaman hias dengan berbagai cara yang ada.

Misalnya melalui Internet dan memanfaatkan sosial media yang ada seperti Instagram maupun facebook. Sosial media memang sangat membantu untuk meningkatkan penjualan sebuah bisnis di internet.

Nah kalau anda ingin menjualnya secara Offline maka bisa anda gunakan baleho maupun spanduk yang memberikan informasi bahwa ditempat anda menjual tanaman hias.

Kebanyakan orang yang lewat masih kurang mengetahui keberadaan penjual tanaman hias. Memang membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama dalam membuka sebuah usaha. Namun jika kita memanfaatkan dengan benar maka hasil yang kita dapatkan juga cukup besar.

Beberapa tips dari saya jika anda ingin membuka bisnis tanaman hias dirumah :

a. Gunakan lahan yang memang tidak digunakan sama sekali untuk kedepannya.
b. Kemudian pemilihan bibit usahakan bibit yang bagus, cari tahu terlebih dahulu agar anda bisa memilih bibit dengan sendirinya.
c. Usahakn setiap hari melakukan perawatan tanaman dengan baik dan benar.
d. Pastikan tanaman hias terhindar dari hama penyakit
e. Tawarkan tanaman hias dalam bentuk browsur berwarna ke tempat-tempat umum seperti Sekolahan, Kampus, Apertemen, Perkantoran, Rumah sakit dan lain-lainnya.

Usaha ini perlu dilakukan. Walaupun tidak ada yang tertarik paling tidak mereka sudah punya referensi dimana mereka bisa membeli tanaman hias dikemudian hari.

Nah itulah peluang bisnis tanaman hias yang perlu anda coba, semoga informasi ini bisa memberikan anda gambaran mengenai bisnis apa yang cocok dengan diri anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa share artikel ini juga cukup berguna untuk anda semuanya. Terimakasih.

Tags:

Leave a Reply