Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Yang Menjanjikan – Halo sahabat bisnis masih bertemu lagi dengan kami diblog ini untuk membahas berbagai hal yang cukup memberikan inpirasi bagi kita semua. Pada kali ini saya akan mencoba membahas mengenai peluang usaha tanaman Hidroponik yang cukup menjanjikan dengan keuntunga hingga jutaan perbulannya.

Waw besar sekali yah keuntungan yang didapatkan. Ngomong-ngomong sudah pada tahu belum apa sih itu tanaman Hidroponik ? Nah kalau belum tahu akan saya jelaskan terlebih dahulu disini agar semuanya bisa memahami dengan baik. Tanaman Hidroponik atau jenis tanaman yang ditanam dengan menggunakan media Kultur yang tidak seperti biasanya.

Mengenai Tanaman Hidroponik yang Perlu diketahui

Tentang Tanaman Hidroponik

Penanaman Hidroponik ini sendiri menggunakan media tanam yang mengutamakan barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi misalnya saja dari botol bekas, kemudian dari paralon air dan juga dari ember bekas.

Jenis penanaman Hidroponik ini dilakukan pada sebuah tempat yang mana tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung, yang mana akan mengakibatkan pertumbuhannya kurang maksimal. Biasanya penanaman Hidroponik ini akan dibatasi dari sinar matahari secara langsung sehingga akan merangsang hormon auksin yang mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat dalam hitungan hari saja.

Jadi sebenarnya penanaman hidroponik ini mempunyai tujuan agar tenaman bisa langsug cepat panen dengan hasil yang cukup maksimal. Biasanya jenis tanaman yang sering kali gunakan untuk tanaman hidroponil adalah Kangkung.

Lantas seperti apa cara untuk penanaman dan media apa saja yang diperlukan untuk pembuatan tanaman Hidroponik ini ? Mari kita bahas di step berikutnya.

Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Media yang diperlukan untuk pembuatan tanaman hidroponik ini sebenarnya tidak terlalu sesulit yang kita kira. Yang pertama pastinya kita membutuhkan sebuah Lahan. Lahan ini diperlukan untuk media tanam, mungkin lebih baiknya kalau anda membuatnya dibelakang rumah maupun didepan rumah.

Gunakan plastik yang tidak bisa menyerap sinar matahari secara langsung, banyak dijual di toko-toko. Gunakan plastik warna Hitam maupun yang bening. Nah setelah itu pastikan lebar lahan yang anda gunakan sekitar 5 x 5 meter. Hal ini dimaksudkan agar tanaman bisa bernapas dengan baik.

Kemudian yang berikutnya adalah pemilihan media untuk tanam. Yang pertama kita siapkan terlebih dahulu jenis tanah yang gembur, tanah gembur ini bisa anda buat sendiri dengan menggunakan tanah dan campuran pupuk kompos.

Kemudian campurkan hingga rata. Setelah itu anda bisa menggunakan Bantuan Paralon besar denga panjang paling tidak 20 meter dengan bentuk seperti zig zag. Hal ini dimaksudkan agar proses perairan lebih mudah dilakukan. Dan hasil tanaman tubuh dengan rata.

Pemilihan Bibit Untuk Tanaman Hidroponik

Nah langkah berikutnya jika media tanam sudah siap maka kita lanjut ke pemilihan bibit yang akan dijadikan sebagai tanaman hidroponik. Ingat dalam memilih jenis bibit tanaman ini tidak bisa sembarangan. Pilih jenis bibit yang nantinya laku keras pada saat dijua, misalnya saja bibit bayam dan juga kangkung.

Pemilihan bibit juga harus dengan hati-hati. Usahakan memilih bibit dengan biji yang cukup besar karena bibit biji yang besar banyak menyimpan cadangan makanan yang cukup banyak juga. Selanjutnya setelah itu anda bisa mencoba melakukan penanaman bibit.

Untuk cara penanamannya sendiri juga jangan terlalu dalam terlebih pada saat membuat lubang untuk pertumbuhan bibit. Pastikan dalamnya hanya sekitar 2 CM saja sehingga biji lebih cepat tumbuh. Setelah itu gunakan air untuk menyiram bibit.

Langkah selanjutnya tutup dengan plastik yang mampu meresep sinar matahari tadi. Nah dihari kedua silahkan siram kembali bibit dengan air secara merata. Anda tidak perlu repot-repot menyiram langsung satu persatu, Cukup siram air dari ujung Paralon maka air akan mengaliri seluruh bibit yang ada di paralon tersebut secara merata.

Proses Penanaman

Untuk proses penanaman Hidroponik ini sebenarnya tidak terlalu repot untuk dilakukan, dengan modal pengetahuan dan juga usaha tentu akan lebih mudah untuk membuatnya.

Mungkin anda bisa mencari tambahan referensi lain baik darin Buku, Ebook dan juga dari Internet, yang pasti hasil dari tanaman Hidroponik ini cukup menguntungkan sekali bagi kita. Terlebih jika sudah banyak yang memesan tanaman kepada kita.

Perlu diingat bahwa bisnis ini tidak semudah yang anda bayangkan, menanam lalu hanya menunggu, perawatan juga perlu dilakukan agar tanaman yang dihasilkan juga benar-benar berkualitas tinggi.

Jangan terlalu tergesa-gesa membuat lahan yang besar, coba dari hal yang kecil terlebih dahulu dan lihat hasilnya, Jika dirasa cukup berhasil maka lanjut ke tahap yang lebih besar.

Begitulah Peluang Tanaman Hidroponik dengan keuntungan yang cukup menjanjikan dimasa depan, jangan takut dan ragu untuk mencoba. Tanpa mencoba maka anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Sebenarnya masih banyak peluang bisnis lain yang bisa anda lakukan. Tapi lebih baik mulai terlebih dahulu dari hal yang paling kecil. terimakasih

Leave a Reply