Dahsyat, Pengguna Skype di Android Tembus 1 Miliar

Meski tidak lagi sepopuler beberapa tahun lalu, namun aplikasi perpesanan Skype berhasil mencatatkan prestasi membanggakan baru-baru ini. Skype telah diunduh sebanyak 1 miliar kali di platform Android. Adapun kabar ini disampaikan langsung lewat akun resmi Skype di Twitter.

Jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi perpesanan lain, pencapaian Skype ini terbilang cukup lama. Dilansir dari GSM Arena, Kamis (26/10/2017), 100 juta unduhan Skype baru bisa diraih pada tahun 2013. Dua tahun berselang atau tepatnya pada Februari 2015, akhirnya jumlah unduhan Skype di Google Play Store melewati angka 500 juta.

Jika menengok ke belakang, Skype sebenarnya merupakan pioner dari Voice over IP (VoIP), yang pertama kali dirilis pada tahun 2003 lalu. Popularitasnya makin meningkat ketika platform ini diakuisisi oleh Microsoft dengan dana USD 8,5 miliar (Rp 115,5 triliun) di tahun 2011, termasuk keberhasilannya menembus 170 juta pengguna di tahun itu.

Walau demikian, pencapaian 1 miliar unduhan ini jelas menjadi kabar menggembirakan bagi Microsoft. Sebab, angka tersebut belum digabungkan dengan jumlah unduhan di perangkat iOS dan Skype untuk Bisnis. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Skype masih eksis di kala banyak aplikasi perpesanan lain mulai bermunculan dan lebih diminati, seperti WhatsApp, LINE hingga Facebook Messenger.

Adapun layanan perpesanan dari Skype ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa lainnya. Termasuk untuk melakukan voice dan video call menggunakan koneksi internet. Bedanya, Skype dengan Skype Credit bisa digunakan untuk melakukan panggilan ke nomor selular

Leave a Reply