Penyebab Masalah Google Sandbox dan Jurus Mengatasi Penalty Google

Penyebab Masalah Google Sandbox dan Jurus Mengatasi Penalty Google – Pernah dengar istilah Google Sandbox? Apakah itu? Iya, buat anda yang belum tahu, Google Sandbox adalah filter di gunakan oleh Google.

Google Sandbox bertindak sebagai filter untuk berbagai halaman suatu web atau situs baru, sebelum situs-situs tersebut terindex dan bisa di tayangkan pada halaman hasil pencarian Google.

Nah bagi sebuah website yang terjaring atau terkena sandbox tersebut, merupakan pertanda buruk. Karena situs tersebut tidak akan masuk dalam pengindekan google, yang tentunya tidak masuk dalam pencarian google.

Mengapa suatu website bisa terkena Sandbox?

1. Apapun yang dianggap spam oleh Google
2. Cloaking, yaitu teknik SEO dimana konten yang diberikan pada mesin pencari berbeda dari yang disajikan pada pengguna browser.
3. Duplikasi konten
4. Keyword stuffing, yaitu merupakan teknik SEO dimana sebuah halaman web dipenuhi dengan kata kunci di dalam kontennya atau pada meta tag-nya.
5. Konten otomatis
6. Kualitas link yang Rendah
7. Pengalihan tersembunyi, yaitu saat suatu situs memiliki halaman web yang berbeda dari yang tersaji pada halaman mesin browser dengan apa yang tersaji sebenarnya.
8. Rich snippet spam, merupakan spam dengan rich snippets. Sementara rich snippets sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan data markup terstruktur yang bisa ditambahkan oleh para operator situs pada HTML mereka, yang pada gilirannya memungkinkan mesin pencari untuk bisa mengenali informasi yang terkandung pada setiap halaman web secara lebih baik.
9. Teks atau link tersembunyi

Apa yang dapat di lakukan agar website keluar dari Google Sandbox?

  • Singkirkan semua tehnik seo yang menggunakan tehnik spam

Hal pertama adalah menyadari bahwa sandbox Google hanya berlaku sementara saja. Asalkan Anda belum mengalami penalti karena masalah peringkat pencarian (search rank) apapun, pada akhirnya Anda akan keluar dari sandbox hanya dengan menunggu saja. Tentu saja jika Anda tidak melakukan apa-apa yang terkait spam atau apapun yang tampak seperti spam.

  • Lakukan SEO White Hat

Tahap kedua adalah melakukan praktik SEO white hat (SEO yang sehat). Black hat SEO dapat menempatkan Anda di Google Sandbox. Pikirkan tentang hal ini.

Bayangkan jika Anda mendengar bahwa ada sebuah situs yang mendapatkan link dari banyak situs bereputasi. Dan bahwa situs yang sama mendapatkan banyak mention di media sosial. Apa yang akan Anda pikirkan tentang situs itu?

Kemungkinan besar itu akan menjadi indikasi bahwa situs itu adalah situs yang lumayan bagus dengan konten-konten yang bagus pula. Dan Google suka memberikan traffic ke situs-situ yang baik dengan konten yang baik pula; situs-situs yang tidak melakukan spam.

  • Buatlah website yang mudah dipindai

Setelah Anda menyelesaikan masalah struktur konten dan link, maka yang perlu Anda ingat adalah bahwa Google didasarkan pada web robot atau bot. Tanpa pemahaman bot yang baik, Anda akan berjalan ditempat.

Konsol Google Search (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools), adalah titik awal yang bagus untuk setiap situs web tanpa memandang sandbox atau penalti.

Di sini Anda dapat meng-upload versi XML sitemap Anda yang akan memungkinkan Google bot untuk lebih memahami struktur dan hirarki situs Anda. Jika Anda tidak memiliki versi XML dari sitemap Anda, maka  Anda dapat membuatnya dengan Sitemap Generator. Atau jika Anda memiliki situs web wordpress maka Anda bisa menggunakan plugin SEO.

Setelah Anda selesai melakukannya, berikan Google link ke file robots.txt Anda. Dalam file ini, Anda memberitahu perayap Google (Google crawler) secara persis halaman mana yang Anda ingin dirayapi dan yang tidak. Jadi jika Google keliru merayapi beberapa halaman sehingga menilai Anda telah memiliki duplikasi konten  atau link-link yang buruk, maka kemudian hapus halaman tersebut agar tidak dirayapi lagi. Tentu saja, halaman tersebut tidak akan diindeks oleh Google dan tidak akan muncul dalam hasil pencarian.

  • Gunakan <lastmod> tag

Tag <lastmod> adalah tag yang perlu Anda tambahkan ke file sitemap XML Anda. Anda perlu memodifikasi tag ini dengan setiap modifikasi baru yang Anda buat untuk website Anda. Ini membantu Google melacak, yang sangat penting jika Anda ingin mengambil langkah-langkah untuk keluar dari sandbox.

Sekarang anda tinggal menunggu setidaknya 7 hari, waktu minimum untuk bisa keluar dari penalti sandbox Google.

Kesimpulannya, sekarang telah Anda memiliki rencana untuk keluar dari sandbox. Pertama, Anda perlu menyingkirkan praktik spam Anda.

Google mengawasi Anda, sehingga tidak ada gunanya untuk terus melakukannya. Tidak ada pula jalan belakang. Sekarang saatnya Anda menggunakan SEO White Hat yang dianggap sehat oleh Google.

Anda dapat terus membangun link, tetapi Anda perlu melakukannya dengan teknik White Hat: melakukan guest posting, melakukan outreach campaign, dan membuat konten berkualitas yang menggoda orang ingin membuat link dan melakukan share.

Kemudian, lakukan pemasaran: mempromosikan konten Anda ke target Anda. Ini mungkin tidak bekerja secepat SEO black hat, namun semua ini bisa membangun reputasi Anda, serta lepas dari sandbox.

Leave a Reply