Peramban Microsoft Edge Kini Tersedia di Android dan iOS, Berminat Mencoba?

Peramban internet Edge akhirnya tersedia untuk para pengguna smartphone. Microsoft mengumumkan browser generasi penerus Internet Explorer itu di perangkat berbasis Android dan iOS.

Sebelumnya, browser ini telah melalui tahap pengujian pada Oktober lalu dan memberikan kesempatan bagi ratusan ribu pengguna untuk menjajal aplikasi tersebut serta memberikan feedback kepada Microsoft.

Keunggulan yang ditawarkan Edge ini adalah bisa menghubungkan aktivitas di ponsel pintar dengan perangkat Windows 10 melalui fitur Continue on PC. Fungsi lain yang juga dibawa oleh Edge mobile dari versi desktop adalah Favorites and Reading List.

Sayangnya, tidak banyak pengguna mobile yang juga menjadi pengguna Edge di PC. Di antara ratusan ribu pengguna yang sebelumnya pernah mengujicoba Edge versi mobile, ternyata hanya 4,5 persen dari keseluruhan yang juga menggunakannya di PC, seperti dilaporkan oleh NetMArketShare. Sementara 60 persennya lainnya adalah pengguna Google Chrome.

Microsoft berharap fitur baru seperti Roaming Passwords, yang berguna untuk menyimpan data masuk pada ponsel dan desktop, bisa menarik sebagian pangsa pasar peramban internet mobile. Walau Edge terbilang sulit bersaing di PC, namun setidaknya Microsoft sudah mendapatkan poin plus dengan membuat Edge tersedia di perangkat mobile.

Anda mungkin juga bisa mencobanya Edge selama ini masih gratis. Tapi tidak ada salahnya juga untuk kembali ke peramban favorit Anda sebelumnya jika merasa peramban Microsoft ini tidak terlalu berfungsi maksimal. Demikian seperti dikutip dari Mashable, Kamis (30/11/2017).

Leave a Reply