Mau Tau Perbedaan Dari Processor Tray dan Box? Inilah Ciri- Cirinya

Bagaimana cara mengetahui processor tray dan box? dan apa perbedaannya dari kedua jenis processor ini? Nah dengan dua pertanyaan diatas saya teringat dulu masa- masa kuliah.

Akan tetapi saya mengetahui perbedaan dari kedua jenis processor ini sebenarnya bukan dari mata kuliah yang diajarkan, melainkan hasil dari membaca di blog pendahulu yang membahas masalah hardware.

Hal ini memang bukan karena tempat saya kuliah tidak mengajarkan materi masalah ini, namun karena saya sendiri yang tidak masuk kuliah pada saat jam mata kuliah hardware software tersebut.

Nah membahas masalah perbedaan prosesor tray dan box, dalam artikel ini saya akan berbagi untuk kalian mengenai perbedaan dan cara mengetahuinya. Khususnya bagi kalian yang masih pemula terjun ke dunia troubleshooting komputer.

Jujur saja pertama saya mengetahui tentang perbedaan processor tray dan box ini, bermula ketika saya mendapatkan projek komputer rakitan untuk warnet game online milik teman saya sendiri. padahal walaupun lama saya kuliah di jurusan informatika, sama sekali tidak mengetahui banyak masalah hardware computer.

Waktu itu pengetahuan saya mengenai hardware computer bisa dibilang masih dangkal alias belum tahu banyak. Berhubung ingin membantu teman, Saya terima projek yang di tawarkan dan mencari tahu speksifikasi dan harga hardware- hardware yang cocok.

Namun ada sedikit kendala ketika saya melihat harga atau brosur dari toko yang saya kunjungi, didalam brosur tersebut processor tertulis tray dan box. Sempat bingung apa perbedaan dari kedua processor jenis ini.

Karena penasaran saya langsung browsing dan mencari tau perbedaan dan ciri- ciri dari processor tray dan processor box ini.

Nah mungkin kalian juga mempunyai pengalaman yang sama dengan saya dan ingin mengetahui perbedaan dari kedua jenis ini. Sekarang saya akan sedikit menjelaskan perbedaan dan ciri- cirinya.

Perlu anda ketahui sebenarnya perbedaan dari processor tray dan box secara fungsi dan spesifikasi dari procesornya sendiri sebenarnya tidak ada perbedaan. Yang membedakan hanya dari kemasannya saja.

Dan ada istilah lain dari processor tray, processor tray sering disebut juga processor versi OEM (original Equipment Manufaturer) dan processor box lebih dikenal dengan versi retail.

Ciri- Ciri dan Cara mengetahui perbedaan Processor Tray dan Box

perbedaan processor tray dan box

Kemasan

Ciri- ciri yang paling mencolok perbedaan antara processor tray dan box adalah dilihat dari sisi kemasannya. Sesuai namanya, processor box biasanya dijual dalam kemasan dus,dan didalamnya sudah dilengkapi fan dan heatsink asli dari Intel/AMD.

Sedangkan prosesor tray hanya dikemas menggunakan plastic saja. Informasi tersebut saya dapatkan di blog- blog yang mengulas tentang processor.Nah Mengapa saya mengatakan biasanya?

Karena menurut informasi dari rekan- rekan saya lainnya bahwa saat ini banyak juga processor tray yang sudah dilengkapi fan dan heatsink tetapi tidak terjamin ke aslian fan dan heatsink tersebut.

Garansi

Selanjutnya perbedaan dari processor tray dan box yaitu garansi (warranty). Untuk processor box biasanya memberikan garansi resmi selama 3 tahun. Sedangkan processor tray hanya diberikan garansi selama 1 tahun itupun tidak langsung dari intel/AMD. Melainkan dari toko atau penjualnya.

Kelengkapan

Perbedaan berikutnya dari processor tray dan box yaitu dari masalah kelengkapan yang tersedia. Sebagaimana yang sudah saya sampaikan pada point pertama tadi, processor tray biasanya di jual dengan tidak dilengkapi heatsink dan fan sedangkan processor retail box didalamnya sudah dilengkapi heatsink dan fan (HSF). Selain itu sudah tersedia buku manual, garansi dan sticker intel/amd.

Harga

Selain point- point yang diatas harga juga menjadi hal yang membedakan antara processor tray dan box. Tetapi walaupun mempunyai perbedaan dari harga, masalah kualitas dah spesifikasi dari processor tersebut tetap sama.

Dan biasanya harga dari processor tray lebih murah dari pada processor box. Hal ini mungkin karena adanya garansi yang lebih panjang dan kelengkapan yang sudah di sediakan didalam processor box, baik merk intel maupun AMD.

Lantas memilih Memilih Processor Tray atau Box?

Secara umum jika memang harga dari processor tray dan processor box tidak terlalu jauh meungkin membeli processor box menjadi pilihan yang tepat. Secara processor box tersebut sudah dilengkapi fan dan heatsink didalamnya, jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli fan dan heatsink secara terpisah.

Namun hal ini kembali lagi kepada anda, karena untuk memutuskan memilih processor tray dan box sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan buget yang anda miliki.

Baca Juga: Prosesor Intel Dan Prosesor Amd, Mana Yang Lebih Baik Kualitasnya?

Jika anda mempunyai buget yang minim, processor tray bisa menjadi pilihan. Atau mungkin juga anda ingin menggunakan fan yang lebih handal dari bawaan Intel/AMD anda dapat membeli yang versi tray, fan dan heatsink bisa anda membelinya di vendor lain yang lebih baik ketangguhannya.

Mengapa intel maupun AMD mengeluarkan Processor Tray?

Ada dua kemungkinan mengapa kedua vendor tersebut mengeluarkan versi tray, yang pertama mungkin saja untuk memenuhi permintaan dari perusahaan produsen laptop dan perusahaan computer desktop seperti acer, asus, dell, dan Lenovo.

Karena untuk menekan harga lebih murah lagi sehingga perusahaan- perusahaan tersebut meminta pihak intel/ AMD untuk mengurang masa garansi hanya 1 tahun. Dan kemasan/box, heatsink, fan dan buku manual biasanya mereka produksi sendiri. Sehingga dengan cara begini produsen computer laptop maupun desktop bisa hemat 5- 20 dollar.

Kemungkinan yang kedua yaitu untuk memenuhi pengguna yang biasa melakukan overclock. Karena jika sudah di overclock garansi tidak berlaku, tentunya para overclocker tersebut lebih memilih yang lebih murah. untuk masalah heatsink dan fan biasanya mereka membeli product dari develover lain yang lebih bagus kualitasnya dari bawaan intel maupun AMD.

Nah demikian sedikit penjelasan mengenai ciri- ciri dan perbedaan dari processor tray dan box, semoga aja bermanfaat untuk anda. Dan saya menyarankan ketika membeli processor box pastikan segel dari kemasannya benar- benar utuh. Terimakasih.

Leave a Reply