Perilisan Apple HomePod Tertunda Sampai Tahun Depan

Apple akan menunda perilisan speaker HomePod sampai tahun 2018 mendatang. Dalam sebuah staement kepada The Verge, Apple mengatakan bahwa mereka membutuhkan waktu tambahan untuk merampungkan produksi HomePod.

“Kami tidak sabar melihat orang-orang menggunakan HomePod, produk speaker nirkabel untuk kebutuhan di rumah. Tetapi, kami membutuh sedikit waktu lagi sebelum itu tersedia untuk para konsumen,” ujar juru bicara Apple. “Kami akan mulai melakukan pengiriman di Amerika Serikat, UK dan Australia di awal 2018.”

Speaker nirkabel ini pada awalnya direncanakan meluncur pada Desember nanti. Dibanderol dengan harga USD 349 atau sekitar Rp 4,7 jutaan, HomePod ini dibekali dengan sistem suara kelas atas seperti Sonos, serta asisten cerdas seperti Google Home dan Amazon Echo.

Apple HomePod berbentuk silinder dan mempunyai tujuh rangkaian speaker, subwofer dengan empat inci dan enam mikrofon, yang menjadi spesifikasi speaker terbaik di kelasnya. Pastinya harga yang dibanderol sangat sesuai dengan kualitas yang disuguhkan.

Akan tetapi, terdapat kekurangan pada asisten pintar Siri, yang belum secanggih Google Assistant atau Alexa. Hal itulah yang menjadi tantangan bagi Apple, dan membuat mereka terlebih dahulu memperkenalkan fitur musik pada HomePod pada WWDC bulan Juni lalu, dan tidak mengutamakan pengenalan fitur asisten pintar.

Masih belum jelas mengapa Apple menunda perilisan HomePod, tapi mengingat Apple memutuskan hal ini menjelang masa liburan Natal dan akhir tahun, jelas ada masalah serius yang pasti sudah dipertimbangkan matang-matang. Apple juga belum memberikan tanggal perilisan yang pasti (awal 2018).

Leave a Reply