Tips Riset Kata kunci Yang Tepat Dengan Menggunakan Keyword Planner

Tips Riset Kata kunci Yang Tepat Dengan Menggunakan Keyword Planner – Halo sahabat blogger, masih bertemu lagi dengan saya disini untuk membahas mengenai informasi dan panduan Tutorial Blogging. Untuk kali ini saya akan mencoba memberikan informasi dan tutorial bagi anda semuanya yang masih pertama kali bergelut dalam Dunia blogging.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas artikel mengenai Tips riset kata kunci yang tepat menggunakan Keyword Planner. Mungkin selama ini anda masih belum mengetahui dengan pasti apa itu Google Planner dan untuk apa Fungsinya sendiri sebenarnya.

Tips Riset Kata kunci Yang Tepat Dengan Menggunakan Keyword Planner

Tampilan Keyword planner

Untuk itu akan saya ulasan secara detail di artikel kali ini untuk anda para blogger yang ingin mencari tahu lebih dalam mengenai Istilah keyword Planner. Keyword planner atau dikenal dengan tools Riset kata kunci ini sebenarnya merupakan salah satu Tools yang digunakan untuk para pengiklan yang menggunakan jasa Google adword.

Jadi anda hanya bisa mendapatkan jika langsung berkunjung ke Google adword, Disana banyak sekali pilihan menu dan Fitur yang ditawarkan.

Salah satu Fitur yang diberikan oleh Google adword dan bermanfaat dalam riset kata kunci untuk para blogger adalah Keyword planner. Tools ini gratis untuk digunakan, tapi juga ada versi premiumnya sendiri yaitu memberikan hasil pencarian kata kunci yang benar-benar akurat dengan persaiangan yang tinggi.

Nah Fungsi dari Tools ini sendiri membantu para pengiklan untuk dalam riset kata kunci sesuai dengan bisnis ataupun produk yang mereka promosikan menggunakan Google adwords. Dengan menggunakan keyword planner ini para pebisnis yang menggunakan Google adword akan lebih mudah mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

Nah lantas apa fungsinya untuk para blogger sendiri ? Tentu saja sangat berfungsi dengan baik. Dengan adanya Google planner riset kata kunci ini para blogger lebih leluasa dalam penyusunan kata kunci perkalimat demi mendapatkan rangking satu di Mesin pencari Google.

Tapi nyatanya tidak semua blogger bisa memanfaatkan fitur Gratis ini secara maksimal dalam kegiatan riset kata kunci . Padahal Google planner ini cukup membantu kita dalam menentukan kata kunci yang tepat sebelum kita membuat konten artikel.

Untuk penggunaannya sendiri sebenarnya cukup mudah, disana sudah ada Kolom kata kunci dan juga target negara yang akan kita ambil.

Target Negara bisa disesuaikan dengan Negara anda. Misalnya saja Indonesia, dengan bantuan Keyword planner ini kita bisa melihat seberapa tinggi persaingan kata kunci yang kita bidik di Indonesia. Maka keyword planner akan menampilkan kompetitor selama penelusuran 1 bulan.

Hasil yang tinggi menggambarkan bahwa target kata kunci yang anda bidik persaingannya cukup berat, Jika hasil keyword planner rendah maka bisa dipastikan kalau kata kunci yang anda bidik persaingannya juga rendah.

Namun penggunaan keyword planner sebenarnya bukan untuk itu. Kayword planner ini dimanfaatkan untuk mencari perbandingan kata kunci selama 1 bulan dimesin pencari dan diwilayah tertentu. Yang kita cari disini adalah Variasi kata kunci yang mungkin belum pernah terpikirkan sama sekali oleh Kita.

Variasi kata kunci ini yang akan menentukan Posisi artikel kita dimesin pencari nantinya. Misalnya saja anda membidik “ Cara belajar seo “ Maka akan ada ribuan bahkan kata kunci yang akan tampil di Keyword planner.

Mulai dari bidikan hasil yang tinggi dan juga rendah. Nah yang anda ambil adalah variasi dari semua kata kunci tersebut. Mungkin hasil yang akan keluar “ Cara belajar seo gratis “, “ cara belajar seo untuk pemula “.

Nah variasikan kedua kata kunci menjadi satu kata kunci Long Tail Keyword menjadi “ cara belajar seo untuk pemula“. Kata kunci yang panjang dan tertarget seperti ini banyak disebut dengan long Tail Keyword.

Penggunaan kata kunci yang panjang ini sangatlah penting untuk memberikan sinyal perayapan kepada mesin pencari. Orang-orang kadang mengetikan kata kunci yang sifatnya lebih singkat. Tapi hasil Variasi kata kunci yang sudah kita buat tadi memungkinkan untuk muncul. Disana ada kata penting yang harus anda ingat.

Yaitu : Blogspot dan Gratisan. Kedua kata penting ini sudah menjadi Target bidikan kata kunci yang akan muncul sewaktu-waktu ketika banyak orang mencari konten yang berhubungan dengan pembuatan Blog.

Teknik ini belum sempat diketahui oleh para blogger pemula namun sudah diterapkan oleh kebanyakan blogger yang sudah senior diluar sana. Para pemula pastinya hanya mengira bahwa keyword planner sebagai pencari kata kunci saja, itu salah.

Keyword planner memberikan gambaran dan anda sebagai penganalisis harus bisa mengambil sisipan kata kunci yang diberikan. Gabungan dari kata kunci yang kuat dan lemah akan menjadi katakunci pokok dan bisa mengalahkan keduannya.

baca Juga: Tips Menentukan Kata Kunci yang Populer Untuk Pembuatan Konten

Dalam Riset Kata kinci Apakah Penggunaan Keyword Planner ini Akurat ?

Untuk masalah akurat tidaknya tergantung dari para penggunanya sendiri, kalau penggunanya sudah paham betul dengan penggunaan dari Google planner ini bisa jadi akurat.

Tapi kalau untuk penggunanya sendiri masih bingung dalam membidik keyword yah bisa jadi mereka menyebutkan riset dengan menggunakan keyword planner sama sekali belum akurat untuk dilakukan.

Kata kunci memang sangat banyak sekali, anda bisa mencarinya dengan menggunakan bantuan Google penelusuran. Anda bisa mencoba untuk mengetikan kata kunci “ jual kemeja flanel “. Maka anda akan menemukan ribuan Situs yang ada di serp halaman pertama. Hal ini juga banyak para blogger lakukan dalam riset kata kunci untuk membuat konten yang populer.

Mungkin anda pernah bermimpi kalau situs anda yang ada diatas sana, maka penghasilan anda sudah tidak diragukan lagi. Kebanyakan situs yang berada dihalaman pertama merupakan jenis situs iklan yang menggunakan bantuan Google adwords. Wajar saja kalau lebih diutamakan.

Karena mereka juga membayar Google untuk mendapatkan rangking pertama dengan cepat, berapa lama mereka bisa berada diatas sana ? Tergantung dari jumlah biaya dan lamanya kontrak dengan Google adwords.

Gunakan Long Tail Keyword Ketika Riset Kata Kunci… !

Pada dasarnya riset kata kunci itu tidaklah terlalu penting. Penting jika benar-benar dibutuhkan oleh anda sendiri saat kesulitan memilih judul yang tepat. Bagi saya riset kata kunci yang baik ketika saya pribadi ingin memulai menulis dan menemukan ide yang tepat, menggunakan long tail keyword merupakan pilihan utama saya.

Karena menurut saya pribadi penggunaan kata kunci yang panjang jauh lebih relevan dan akurat dengan peluang kemunculan sebesar 70% dihalaman mesin pencari.

Bisa jadi sistem pencarian orang itu berbeda-beda, ada yang lebih pendek dan ada yang lebih panjang sesuai dengan kebutuhan. Pendek jika mereka ingin mencari artikel yang sifatnya umum dan panjang jika ingin mencari artikel yang mengulas secara sempit.

Nah silahkan dicoba langsung dan terapkan keadalam blog anda. Siapa tahu penggunaan keyword planner cukup membantu anda menentukan kata kunci yang tepat untuk pembuatan konten artikel.

Utamakan Ide Anda sendiri sebelum Riset Kata Kunci..!

Ingat jika anda mempunyai ide lebih baik tuangkan ide anda dan jangan berpatokan dengan tools-tools yang ada diluar sana. Belum tentu tools tersebut bisa mengalahkan ide anda dengan cepat.

Namun kalau anda ingin menggabungkan ide dengan keyword planner maka itu adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba.Terimakasih.

Leave a Reply