Standard 5G Telah Dikeluarkan, Tahun 2018 Bisa Mulai Dinikmati

3GPP merupakan sebuah organisasi yang bertujuan untuk mendefinisikan standar industri untuk teknologi yang sebelumnya telah mensukseskan stadar 4 GLTE. Hari ini, 3GPP mengumumkan bahwa organisasi ini telah menetapkan sejumlah spesifikasi untuk gadget 5G, yang diperkirakan akan dapat dinikmati pengguna smartphone di tahun 2018, seperti dilansir dari laman gsmarena.com (22/12/2017).

Artinya, setelah standar tersebut dikeluarkan, kini jaringan para teknisi dapat bekerjasama untuk membentuk sebuah platform untuk peralatan dengan teknologi 5G. Beberapa hal yang dispesifikasikan antara lain feature, fungsi, layanan, yang ditujukan kepada para produsen smartphone serta manufaktur peralatan untuk teknologi 5G.

Untuk lebih lengkapnya mengenai teknis teknologi 5G, Anda dapat melihatnya dalam tautan ini. Beberapa hal yang diperinci mengenai spesifikasi 5G antara lain struktur arsitekturnya, interface jaringan, network slicing, dan migrasi dari 4G.
Seluruh perusahaan produsen smartphone dan komponennya (mulai dari Qualcomm, T-Mobile, Orange, Samsung, AT&T, ZTE, Sprint, Telefonica, Verizon, Sony, MediaTek, Nokia, hingga Huawei misalnya) pun turut bersemangat menyambut pengumuman dari 3GPP ini, dan tentunya berkomitmen lebih untuk teknologi wireless 5G di masa depan.

Tentu sebagai pengguna, Anda pun mungkin bertanya-tanya, kira-kira produsen smartphone mana yang akan lebih dahulu berhasil meluncurkan ponsel pintar dengan teknologi 5G. Punya prediksinya? Silakan isi di kolom komentar.

Leave a Reply