Trik Supaya Bisa Standby Terus Di Jaringan 4G LTE, Lakukan Ini atau Pulsa Anda Akan Habis!

Inilah 2 Trik Supaya Bisa Standby Terus Di Jaringan 4G LTE. Jaringan 4G sudah menjadi andalan para pengguna smartphone masa kini, karena dengan kecepatan akses internet yang cepat, mampu memuaskan pengguna smartphone ketika berselancar di dunia maya. Terutama bagi pengguna smartphone yang terbiasa streaming tentunya sangat tertarik dengan jaringan 4G ini. Karena ketika memutar video atau music secara online akan lebih cepat dan mungkin jauh dari kata buffering.

Tetapi Walaupun demikian masih ada saja sedikit keresahan dari beberapa pengguna smartphone mengenai cara menggunakan jaringan 4G secara maksimal. Karena ketika kita membeli paket kuota internet dari salah satu provider/ operator celluler pastinya kita akan di tawarkan  kuota di jaringan 3G dan 4G.

Nah dalam penggunaan paket internet tersebut pastinya kita akan bingung ketika kuota pada jaringan 3G habis dan tersisa kuota 4G. Jika terjadi hal seperti ini kita harus melakukan settingan di smartphone yang kita gunakan supaya bisa standby terus di jaringan 4G LTE. Karena ketika anda terkoneksi internet di lokasi yang tidak tercover jaringan 4G maka secara otomatis berpindah ke jaringan 3G dan pulsa anda akan terpakai dengan tarif standar.

Oleh karena itu saya akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut tadi. Jadi bagi sobat pengguna smartphone yang ingin tau bagaimana caranya supaya bisa standby terus di jaringan 4G. Nanti saya akan jelaskan di paragrap berikutnya. Tetapi sebelum itu saya akan memberikan sedikit gambaran terlebih dahulu mengenai apa itu jaringan 4G dan bagaimana menggunakannya.

Apa Itu Jaringan 4G?

Mugkin dalam pembahasan ini saya tidak akan membahas pengertian jaringan 4G secara meluas. Tetapi saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai Jaringan 4G ini. Perlu anda ketahui Jaringan 4G merupakan perkembangan dari jaringan 2G dan 3G. Kata 4G berasal dari Bahasa inggris, Fourth Generation Technology. Yang mana technology ini mengacu pada standar generasi ke empat dari teknologi telepon seluler. Ada dua standar terpilih untuk jaringan 4G yang di komersilkan di dunia, diantaranya standar LTE ( Long Term Evolution) di swedia sejak 2009 dan Standar Wimax di korea selatan sejak 2006.

Wimax pertama kali di luncurkan di Indonesia sejak 2010 tepatnya bulan juni, oleh PT. FirstMedia dengan menggunakan merek dagang Sitra WiMAX. Selanjutnya LTE mulai diluncurkan di Indonesia pada 14 November 2103 oleh PT. Internux melalui merk dagang Bolt Super 4G LTE .

Sekarang Hampir semua provider telekomunikasi di Indonesia sudah mendukung jaringan 4G LTE walaupun belum semua lokasi yang dapat tercover di jaringan ini. Untuk menggunakan jarigan 4G anda harus memenuhi 3 kriteria.

3 Kriteria Yang Dibutuhkan Agar Dapat Menggunakan Jaringan 4G

Pertama anda harus mempunyai smartphone yang suport pada jaringan 4G , kedua anda wajib mempunyai simcard yang sudah teregistrasi jaringan 4G di provider atau simcard yang anda gunakan. Dan kriteria yang terakhir anda perlu mengetahui apakah wilayah atau lokasi anda sudah mendukung jaringan 4G pada provider tersebut.

Masalah Untuk mengetahui Smartphone merk atau type apa yang suport di jaringan 4G anda bisa mencari informasi speksifikasi dari merk smarphone tersebut di internet dengan cara browsing di google. Anda bisa lihat di spesifikasi dari smartphone tersebut. Kemudian perhatikan di fitur konektifitasnya apakah tercantum jaringan 4G atau hanya suport sampai jaringan 3G saja. tetapi biasanya smartphone- smartphone keluaran terbaru sekarang ini sudah mendukung jaringan super cepat ini.

Selanjutnya masalah provider atau simcard yang di gunakan, wajib registrasi terlebih dahulu ke galery atau customer service provider yang di gunakan. Registrasi ini biasa dilakukan apabila simcard yang di gunakan anda sekarang tergolong no simcard yang lama. Karena jika anda menggunakan simcard keluaran terbaru biasanya sudah teregistrasi sebelumnya.

Jika sudah 3 kriteria di atas terpenuhi anda bisa membeli paket internet yang di sediakan oleh provider yang digunakan. Nah pada saat pembelian paket kuota internet ada perbedaan besaran kuota di semua jaringan dengan jaringan 4G dan biasanya operator simcard di indonesia saat ini menyediakan paket murahnya lebih besar di jaringan 4G LTE dari pada di jaringan 3G, misalkan anda membeli paket internet murah di operator A dengan paket sebesar 2 Giga Jaringan 3G dan 10 giga di jaringan 4G. Nah mengenai hal tersebut anda harus memperhatikan ketika menggunakan koneksi internet. karena jika anda tidak memperhatikan hal ini kemungkinan pulsa yang ada akan habis. seperti apa yang saya telah paparkan tadi di atas.

Bagaimana Cara Supaya Bisa Standby Terus Di Jaringan 4G LTE?

Sebelumnya tadi saya sudah sedikit menjelaskan mengenai apa itu jaringan 4G berikut cara menggunakannya. sekarang kita mulai pada inti pembahasan mengenai cara atau trik agar bisa standby terus di jaringan 4G LTE. Agar dapat menggunakan jaringan 4G secara terus menerus pada smartphone yang kita gunakan saya mempunyai 2 trik atau cara, cara  pertama dengan menggunakan aplikasi dan cara ke dua menggunakan kode khusus. Silahkan simak tutorial berikut ini.

Menggunakan Aplikasi

Agar dapat standby di jaringan 4g terus menerus bisa anda lakukan dengan cara menginstal aplikasi “4G LTE Only Mode Switch”. untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan unduh di playstore. jika sudah anda download jalankan aplikasinya. caranya

  • Klik  pada icon “gear” yang berwarna biru tepatnya di bagian tengah.
  • Setelah itu anda akan melihat menu: Informasi Telephone 1: ini untuk mengatur jaringan pada sim 1. Informasi Telephone 2: ini untuk mengatur jaringan pada sim 2. Informasi Baterai: memberikan informasi tentang kondisi dan penggunaan baterai. Statistik Penggunaan: menu ini untuk melihat informasi statistik aplikasi yang digunakan. Wlan Information: infromasi mengenai wlan.
  • Nah untuk menggunakannya silahkan anda pilih menu Informasi Telephone 1 jika simcard yang digunakan untuk koneksi internet berada pada sim 1. Atau pilih informasi telephone 2 jika simcard yang digunakan berada di sim 2.
  • Selanjutya anda pilih jaringan “LTE Only” atau “4G only pada pilihan yang ditampilkan.
  • Jika sudah anda lakukan maka jaringan akan merestart dengan sendirinya dan akan selalu berada di jarigan 4G.

Baca Juga: Ini dia Aplikasi untuk mengaktifkan signal 4G LTE yang tidak ada di Smartphone Android Anda!

Menggunakan Kode panggilan

  • caranya masukan kode *#*#4636#*#* tekan tombol panggilan.
  • kemudian anda akan melihat pilihan jaringan yang akan digunakan.
  • pilih “LTE Only” atau “4G only.

Demikianlah tadi Trik atau cara agar smartphone kita dapat standby terus di jaringan 4G LTE. Terimakasih semoga bermanfaat untuk anda.

 

 

Leave a Reply