Tahun Depan iPhone Tidak Akan Gunakan Layar OLED Demi Harga Lebih Murah

Apple membuat gebrakan pada produksi iPhone terbaru mereka di tahun 2017 ini dengan menggunakan layar tanpa bezel, layar berteknologi OLED dan fitur pemindai wajah. Adapun penggunaan teknologi layar OLED sendiri sebenarnya diharapkan bisa mengantarkan iPhone ke level yang lebih tinggi.

Akan tetapi, sepertinya teknologi layar tersebut tidak akan lagi digunakan pada produksi iPhone terbaru tahun depan dan akan kembali menggunakan layar LCD. Dikatakan oleh Jun Zhang dari Rosenblatt Securities, hal ini dilakukan demi menurunkan harga jual iPhone, yang selama ini dibanderol sangat mahal di pasaran.

“Kami percaya harga iPhone X bisa ditekan lebih murah apabila menggunakan layar LCD tahun depan, sehingga akan ada perbedaan antara iPhone 8S dengan iPhone 7 dan 8,” ujarnya, seperti dilansir Ubergizmo, Senin (27/11/2017).

Walau demikian, Zhang tetap berharap Apple tidak akan menghilangkan fitur lain pada iPhone X yang diproduksi pada tahun 2018 mendatang, sehingga perbedaan utamanya hanya terdapat pada komponen layar saja.

Apple memang tidak memproduksi layar OLED sendiri, melainkan mengandalkan layar OLED besutan Samsung. Kerja sama kedua perusahaan pun membuat Samsung mendapat keuntungan yang sangat besar karena produk iPhone X laris manis terjual di banyak negara. Keuntungan perusahaan asal Korea itu disebut-sebut mencapai USD 110 (Rp 1,5 juta) per produk iPhone X yang terjual, setidaknya sampai dengan pertengahan tahun 2019 mendatang.

Leave a Reply