25 Tahun Setelah SMS Pertama Dikirim, Begini Perkembangannya Sekarang

Short Message Service (SMS) hari ini merayakan ulang tahun yang ke-25. Sejak pengiriman SMS pertama pada 3 Desember 1992 oleh Neil Papworht, teknologi perpesanan pun makin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi internet.

Foto: www.bgr.in

Pada saat itu SMS pertama dikirim menggunakan provider Vodafone GSM. Namun karena ponsel belum bisa digunakan untuk mengirimkan pesan teks, Papworht mengetiknya lewat komputer dan dikirimkan ke Orbitel 901. Adapun pesan yang ditulis dan dikirimkan oleh Papworth adalah ‘Selamat Hari Natal’. Begitu seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (4/12/2017).

Walau demikian, SMS tidak langsung menjadi populer di kalangan masyarakat karena perangkatnya yang belum memadai. Sampai akhirnya seorang engineer asal Finlandia, Matti Makkonen, membantu mengembangkan teknologi pengiriman pesan singkat hingga akhirnya menjadi seperti sekarang ini.

Makkonen, sebelum tutup usia pada tahun 2015 lalu, menyebutkan bahwa pengembangan SMS sebenarnya merupakan upaya bersama. Perusahaan pembuat ponsel Nokia pun juga disebut turut membantu mempopulerkan layanan tersebut.

Akan tetapi, saat ini layanan SMS sudah mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Hal ini disebabkan makin berkembangnya aplikasi perpesanan yang berbasis internet seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger (BBM), Facebook Messenger, Line, dan sebagainya.

Meski sebenarnya SMS belum betul-betul ditinggalkan oleh penggunanya.SMS tetap menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengirim pesan atau mBanking saat tidak ada jaringan internet.

“Untuk pertama kalinya, ponsel mempunyai fungsi lain untuk mengirimkan pesan teks selain untuk menelpon. Saat ini, terdapat ratusan aplikasi dengan fungsi serupa,” ujar Elizabeth Bruton dari Science Museum London, menggambarkan tentang bagaimana peran SMS dalam membuka kemungkinan baru dalam penggunaan ponsel di era modern.

Leave a Reply