Inilah 9 Tanda Kerusakan RAM pada Laptop dan Komputer

Tanda Kerusakan RAM pada Laptop dan Komputer – RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen sangat penting dalam sebuah computer maupun laptop. Komponen ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang sifatnya sementara.

Jika anda sebagai orang yang awam di bidang IT pastinya anda akan bingung dengan fungsi dari salah satu komponen computer yang satu ini. Namun tidak perlu khawatir, saya akan memberikan sedikit gmabaran mengenai fungsi RAM atau kinerja ram dalam sebuah perangkat computer maupun laptop.

Agar anda tidak bingung, saya akan memberikan ilustrasi mengenai RAM yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Ilustrasinya begini, misalnya anda sedang mengetik pada aplikasi MS. Word dan anda belum melakukan Penyimpanan (save), kalimat yang anda ketik dan anda lihat sebenarnya itu hasil dari kinerja ram yang menyimpan data sementara. Kemudian Jika computer yang anda gunakan tersebut mati tiba- tiba atau restart maka data yang anda ketik tersebut akan hilang.

Nah itulah sedikit ilustrasi mengenai fungsi RAM, selain itu fungsi lainnya, RAM dapat membantu kinerja Prosesor (CPU) dalam kecepatan mengakses data pada perangkat computer atau laptop.

Nah diatas saya sudah jelaskin sedikit mengenai pengertian ram berikut dengan fungsinya. Sekarang saya beralih pada inti pembahasan artikel ini, yaitu tentang apa saja sih ciri – ciri atau tanda kerusakan RAM pada laptop dan computer.

Sebenarnya kerusakan RAM Laptop dan Komputer adalah hal yang biasa terjadi. Dan dari kebanyakan kasus, kerusakan tersebut terjadi dengan tiba-tiba. Karena kerusakan pada RAM biasanya sangat mendadak, maka tak banyak yang mengerti apa penyebab dan gejala apa saja yang muncul jika RAM pada komputer sedang rusak.

Berikut adalah tanda tanda Kerusakan RAM Pada Laptop Komputer

kerusakan ram pada laptop dan komputer

1. Komputer menjadi lambat

Ciri pertama pada kerusakan RAM yaitu dengan menurunnya performa dari laptop komputer, sehingga komputer menjadi lebih lambat.

2. Komputer sering terjadi blue screen dan restart sendiri

Setelah efek komputer menjadi lambat biasanya laptop komputer akan sering blue screen dan merestart dengan sendirinya.

3. Terjadi eror saat sedang install system operasi dan program aplikasi

Ketika menginstall system operasi atau program aplikasi laptop komputer sering eror saat prose penginstallan berlangsung. Terkadang saat proses penginstallan akan terjadi kegagalan pada proses dan biasanya akan terulang gagal yang ke dua kali jika sudah mengulang proses.

4. Terjadi system operasi yang tersendat-sendat

Pada gejala ini laptop komputer saat dioperasikan untuk menjalankan aplikasi akan menjadi tersendat-sendat. Dan aplikasi tersebut akan berhenti dan pada windows laptop komputer menjadi hank dan tidak bisa digunakan apa-apa atau macet.

5. Layar Laptop Komputer yang berpelangi

Pada ciri-ciri ini banyak ditemukan keluhan akan masalah ini. Biasanya layar pada tampilan laptop komputer akan menjadi berpelangi dan ada garis-garis. Ciri ini menyebabkan para pengguna mengira jika kerusakan terjadi pada layar komputer.

6. Tidak ada tampilan sama sekali pada layar laptop komputer

Ciri ini biasanya akan muncul jika memory RAM pada laptop komputer sudah mulai rusak parah. Gejala yang muncul yaitu pada saat laptop komputer dinyalakan maka pada layar komputer tidak muncul tampilan apa-apa.

7. Muncul bunyi bip yang panjang dan beberapa kali pada laptop komputer

Salah satu ciri selanjutnya yaitu muncul bunyi bip pada laptop komputer, bunyi ini akan muncul beberapa kali pada saat laptop komputer dinyalakan.

8. Laptop komputer menjadi mudah panas

Ciri-ciri lainnya adalah, RAM yang mengalami kerusakan akan terdeteksi dari kondisi RAM yang mudah panas dan lebih panas dari biasanya.

Baca Juga: Penyebab Laptop Hang / Lag dan Jurus Termudah Mengatasinya

9. Mati total

Biasanya jika kerusakan sudah sangat parah maka laptop atau komputer akan mati total sehingga tidak dapat digunakan ataupun dinyalakan.

Ketika Anda merasakan ciri-ciri kerusakan seperti diatas maka pastikan laptop atau komputer Anda segera Anda bawa ke service komputer terpercaya untuk dilakukan pengecekan terhadap memory komputer. Biasanya apabila setelah dilakukan pengecekan dan terbukti jika RAM pada laptop atau komputer rusak maka solusi paling baik adalah mengganti RAM pada/laptop komputer dengan yang baru.

Demikianlah beberapa tanda- tanda mengenai kerusakan ram pada laptop dan komputer, semoga menjadi artikel yang bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Leave a Reply