Inilah 5 Tanda- Tanda Smartphone Yang Sedang Dihack

Moriuz.com – Tanda Smartphone Yang Sedang Dihack. Saat ini, di zaman yang semakin berkembang pesat teknologinya, para hacker sudah tidak hanya menyasar laptop dan komputer saja dalam melakukan aksinya. Kini mereka mulai gencar merancang virus, malware dan sistem untuk membobol smartphone juga.

Mereka menganggap di smartphone seseorang lebih sering menyimpan data – data pentingnya dari pada di komputer maupun laptop. Tujuan mereka menghack smartphone juga bermacam – macam, ada yang ingin mencuri data pribadi, ada juga yang ingin mengambil keuntungan dari iklan yang dipasang.

Teknik hacking yang digunakan juga sering kali sangat rapi dan sulit terdeteksi. Nah, bagi anda yang khawatir smartphonenya sedang terkena hack, berikut kami berikan tanda – tanda smartphone yang sedang dihack atau diretas orang lain.

Berikut Tanda Smartphone yang Sedang Dihack dan Mengatasinya.

1. Lacak keylogger pada smartphone anda

Ciri smartphone yang sedang dihack adanya program keylogger. Keylogger adalah salah satu teknik hacker untuk menghack smartphone dengan cara merekam setiap ketikkan keyboard pengguna. Meskipun aplikasi ini bisa disembunyikan, keylogger masih terdeteksi di bagian konsumsi baterai.

Untuk itu, untuk melihat ada atau tidaknya aplikasi ini, masuk ke Settings – battery. Jika ada aplikasi bernama keylogger, segera hapus aplikasi tersebut.

Beberapa hacker juga ada yang menggunakan keyboard custom untuk merekam setiap ketikkan keyboard. Oleh karena itu pastikan anda menggunakan keyboard default dari pabrik smartphone tersebut.

2. Pop – up aneh dan tidak dikenal terus muncul

Tanda tanda smartphone yang sedang dihack berikutnya adalah pop up aneh. Hacker sering kali memanfaatkan pop up iklan untuk meraup keuntungan. Oleh sebab itu anda patut waspada jika tiba – tiba smartphone anda sering keluar pop – up padahal tidak melakukan apa – apa. Jika sudah begini sebaiknya lakukan scan pada smartphone anda. Jika masih belum bisa, bawa ke reparasi.

Namun jika pop – up yang muncul ketika anda bermain game gratis atau membuka layanan tertentu, anda tak perlu khawatir karena pop up tersebut adalah bagian dari iklan resmi aplikasi yang bersangkutan.

Baca Juga: #4 Trik yang Biasa Dilakukan Hacker Untuk Meretas Suatu Akun

3. Kuota tiba – tiba boros

Jika smartphone anda telah terjangkit virus dimana virus tersebut menanamkan aplikasi yang menggunakan internet, seharusnya aplikasi tersebut terekam di bagian Data Usage. Sebaiknya cek secara berkala Data Usage anda. Jika tiba – tiba kuota sering terkuras secara tidak wajar, anda patut curiga dan periksa apa ada aplikasi aneh berjalan pada smartphone anda.

Jika ada, segera hapus aplikasi tersebut dan lakukan scan menggunakan anti virus anda untuk membersihkan virus. Selain dari aplikasi yang berjalan secara diam – diam, penyebab kuota boros ini juga sering dikarenakan pop up yang muncul.

4. Periksa daftar aplikasi terinstall, hapus yang mencurigakan

Selanjutya tanda smartphone yang sedang dihack biasanya ada aplikasi yang terinstal dengan sendirinya. Seperti yang telah disebutkan di atas, virus yang menjangkiti smartphone sering kali secara diam – diam menginstall aplikasi untuk meninggalkan jejak. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin pada daftar aplikasi terinstall anda.

Jika ditemukan aplikasi yang aneh dan asing, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut dan jangan sekali – sekali mencoba membukanya. Anda juga perlu jeli dan hati – hati, jangan sampai menghapus aplikasi yang penting dan merupakan inti dari smartphone.

5. Muncul notif aneh di notification bar

Jika tiba – tiba pada notification bar anda muncul notif aneh, ada kemungkinan smartphone anda sudah dimasuki virus. Segera hapus notif tersebut dengan cara menggesernya. Jika tidak bisa, lakukan scan dengan antivirus atau menguninstall aplikasi penyebab notifikasi tersebut.

Nah itu dia ulasan mengenai 5 tanda smartphone yang sedang dihack atau terjangkit virus. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply