Teknik Optimasi SEO Untuk Blog Yang Benar Untuk Pemula [ LENGKAP ]

Teknik Optimasi SEO Untuk Blog Yang Benar | Halo sahabat blogger bertemu lagi dengan saya disini, untuk kali ini kita akan mencoba membahas mengenai beberapa teknik Optimasi SEO untuk blog yang benar. Untuk saat ini kita hanya mengetahui bahwa teknik seo sebuah blog itu menggunakan Cara-cara yang sederhana misalnya saja dengan menggunakan artikel dan juga menggunakan beberapa softwere.

Hal semacam ini sebenarnya sudah lama berlaku dalam dunia blogging, tapi pada dasarnya tidak memberikan hasil yang relevan untuk sebuah blog baru. Butuh teknik sendiri agar blog lebih mudah diterima oleh mesin pencari Google atau mesin pencari lain yang ada di Internet.

Penggunaan keyword dan optimasi sebuah blog juga tidak boleh terlalu di paksakan ataupun terlalu di berikan nilai lebih karena bisa jadi Blog yang masih baru butuh yang namanya adaftasi terlebih dahulu atau menyesuaikan dengan sistem perayapan yang dijalankan oleh Google sendiri. Nah sahabat blogger, disini saya mempunyai banyak cara untuk melakukan optimasi SEO terhadap blog yang kalian kelelola yang mana masih terbilang cukup baru.

Tapi kenyataannya di internet banyak sekali master SEO yang mempunyai website ataupun blog masih baru namun untuk tingkat rangkingnya sudah bagus dimesin pencari. Hal seperti itu sebenarnya mudah untuk dilakukan, jangan menggunakan cara-cara yang sulit atau kurang dimengerti.

Gunakan cara apa adanya dari dalam diri anda sendiri sehingga apapun yang anda lakukan tidak berlebihan dan mempunyai dampak yang baik untuk perkembangan blog anda kedepannya. Mari kita mulai terlebih dahulu dengan pendahuluan.

Pendahuluan sebelum melakukan Optimasi

Untuk pendahuluan ini mungkin lebih saya tekankan ke permulaan pada saat anda membangun sebuah blog, pada dasarnya membangun sebuah blog butuh ide tersendiri bagaimana anda bisa menuangan ide anda dalam sebuah karya Tulisan yang menarik dan memikat banyak pembaca di internet untuk berkunjung. Hal semacam ini perlu yang namanya proses pelatihan.

Baik melatih diri anda untuk menulis sebuah konten artikel, Proses bagaimana anda bisa menuangkan sebuah Ide yang menarik dan berbagai proses lain yang sifatnya mendukung anda untuk membuat sebuah blog dan melakukan optimasi SEO yang benar. Ada beberapa cara yang mungkin bisa anda lakukan terlebih dahulu sebagai seorang blogger pemula untuk memulai melakukan optimasi SEO pada blog anda. Yang pasti cara-cara ini masih cukup sederhana dan cukup untuk dimengerti oleh para blogger pemula.

Tips awal membangun sebuah blog untuk blogger pemula :

1. Lakukan survey terlebih dahulu

Banyak orang yang bilang, kenapa kalau ingin mencari seorang blogger harus melakukan survey terlebih dahulu ? Apakah survery bisa memberikan gambaran seperti apa blog yang akan saya bangun ? Benar sekali.

Survery di internet memberikan pengalaman dan juga memberikan gambaran seperti apa jenis blog yang paling populer dan paling sering dikunjungi oleh orang-orang di internet. Pada dasarnya tidak semua orang paham seperti apa membangun sebuah blog. Namun dengan adanya survery ini bisa memberikan setidaknya gambaran kepada blogger pemula seperti apa blog yang bagus untuk diri mereka sendiri.

Tapi ada sedikit kelemahan jika kamu menggunakan cara ini. Apa itu ? Yang pasti niche atau kategori yang kamu gunakan tidak sesuai dengan minat atau keinginan kamu dari awal. Hal ini sudah biasa terjadi, banyak blogger pemula lebih memilih mengikuti blogger lain yang bisa dibilang sudah cukup mahir dan profesional dalam bidang blogging, Sedangkan diri kita sendiri masih Nol pengalaman, Untuk karena itu belajar meniru orang lain bisa dikatakan sah-sah saja.

Tapi jangan menjadi diri mereka. Cukup jadi dirimu sendiri. Dengan adanya survery internet ini bisa mendapatkan banyak gambaran blog yang paling populer. Caranya dengan melihat beberapa pencarian Trend bisa menggunakan Google trend, dan Yahoo Answer.

Cara ini cukup bagus untuk mencari informasi yang sedang trend saat ini. Tapi kalau kalian menganggap hal seperti ini cukup memberikan kesulitan sendiri. Lebih baik gunakan cara sendiri karena dengan begitu akan lebih mudah menguasai satu topik yang kalian sukai.

Tidak semua blogger bisa mendapatkan topik sesuai dengan apa yang mereka harapkan, yang pasti dengan adanya teknik survery terlebih dahulu seperti ini cukup mudah memberikan gambaran niche atau kategori artikel seperti apa yang bisa kalian gunakan.

2. Tentukan Tujuan kalian

Yang kedua adalah dengan menentukan Tujuan terlebih dahulu, tujuan itu penting. Tanpa adanya tujuan tentu tidak akan tercapai sebuah kesuksesan. Untuk itu pikirkan terlebih dahulu apa tujuan kalian sebenarnya membuat sebuah blog, apakah untuk berbagi informasi atau hanya untuk mencari penghasilan uang. Tidak semua blogger bisa mendapatkan tujuan yang pasti.

Kebanyakan dari mereka hanya memiliki tujuan yang mencari penghasilan dan juga untuk memberikan informasi kepada orang-orang yang ada di internet. Yang pasti penentuan tujuan ini begitu penting untuk semua blogger yang ada diluar sana. Tidak ada tujuan maka tidak bisa dipastikan kesuksesaan ada ditangan anda.

Mungkin anda mempunyai tujuan lain yaitu Investasi ataupun mungkin anda mempunyai tujuan ganda misalnya sambil memberikan informasi juga sambil menghasilkan uang dari blog yang anda kelelola.

3. Tentukan seperti apa nama Domain dan tampilan blog anda

Yang berikutnya adalah dengan menentukan Nama domain dan juga tampilan blog anda nantinya seperti apa. Dalam menentukan sebuah nama domain setidaknya ada beberapa hal yang perlu anda siapkan yaitu Kesesuaian dengan niche atau kategori blog yang anda buat. Dengan begitu anda bisa paham seperti apa nama domain yang akan anda gunakan. Untuk karena itu pastikan pemilihan nama domain harus sesuai dengan topik yang anda gunakan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memilih nama domain yang bagus agar nantinya anda tidak dirugikan sama sekali.

a. Gunakan nama domain yang unik

Yang pertama gunakan nama domain yang unik, pemilihan nama domain yang unik ini memang bagus untuk menaikan peringkat blog dimesin pencari. Maksud saya disini memberikan gambaran mengenai domain yang unik adalah nama domain yang sama sekali belum pernah digunakan oleh orang lain. Misalnya saja anda bisa menggunakan nama pribadi anda sebagai nama domain ataupun juga bisa menggunakan nama unik lain yang berhubungan dengan topik anda. Ingat jangan pernah menggunakan nama domain yang bersangkutan langsung dengan merk atau Brand dari perusahaan- perusahaan ternama.

Pemilihan nama domain yang bersangkutan dengan brand-brand ternama seperti ini bisa mengakibatkan terjadinya penipuan maupun penggunaan merk secara tidak bertanggung jawab dan pasti bisa menimbulkan perkara hukum. Contoh pemilihan nama domain yang unik misalnya saja : www.tukangsatenyuss.com. Contoh nama domain yang bisa dibilang ilegal : www.rinso-com.com Ataupun www. Mobilio-honda.com dan lain-lainnya. Gunakan beberapa istilah yang unik dan berhubungan langsung dengan konten ataupun topik yang anda buat. Cara seperti ini sangat baik untuk meningkatkan ranking dimesin pencari.

b. Gunakan Nama domain yang tidak terlalu panjang

Yang kedua adalah dengan menggunakan nama domain yang tidak terlalu panjang namun masih berhubungan dengan keyword, penggunaan nama domain yang panjang bisa dibilang tidak bermasalah namun cukup menyulitkan untuk para pengunjung yang ingin berkunjung ke blog anda.

Untuk karena itu batasi penggunaan nama domain yang terlalu panjang, gunakan nama domain yang ideal dan mudah untuk di ejah oleh banyak orang yang ada di internet. Dari sini mungkin anda bisa paham seperti apa yang saya maksudkan. Misalnya saja anda ingin membuat nama domain mengenai Blogging. Mungkin anda bisa menggunakan domain misalnya : www.belajarngeblog.com atau juga bisa menggunakan istilah penggunaan nama www.bloggerseo.com. Penggunaan nama domain yang ideal seperti ini selain mudah di cerna dan mudah di ejah oleh para pengunjung juga memberikan sinyal rayap sendiri kepada Google sebagai mesin pencari untuk merayapi blog anda dengan cepat.

c. Gunakan Nama domain yang mengandung kata kunci

Yang berikutnya adalah dengan menggunakan Nama domain yang menggunakan kata kunci, penggunaan nama domain yang berhubungan langsung dengan kata kunci sangat baik digunakan. Terlebih kalau kata kunci saling berkaitan dengan konsep atau topik blog anda yang kelelola. Misalnya saja anda membuat sebuah blog yang membahas mengenai Asuransi. Karena kata asuransi merupakan jenis kata umum.

Maka lebih baik kalau anda menggunakan tambahan yang lebih signifikan dan relevan. Misalnya www.asuransiku.com ataupun kata kunci lain yang bisa meningkatkan blog dimesin pencari. Nama domain seperti ini mungkin sulit untuk didapatkan karena sudah banyak blogger yang mendaftarkannya. Tapi kalau anda bisa mendapatkan domain yang sudah experied, itu keuntungan anda karena domain tersebut sudah memiliki banyak backlink yang bisa meningkatkan trafik dengan cukup mudah.

Tags:

Leave a Reply