Teknologi Baterai Baru Samsung Bisa Mengisi Daya Ponsel 5 Kali Lebih Cepat

Samsung baru-baru ini mengumumkan sebuah teknologi baru yang mereka kembangkan pada baterai smartphone. Raksasa elektronik asal Korea itu mengatakan mereka tengah mengembangkan bahan baterai yang lebih efisien dan lebih cepat terisi dari bahan lithium ion tradisional.

Dengan teknologi baru Samsung ini, bukan tidak mungkin di masa mendatang Anda bisa mengisi penuh daya smartphone dalam waktu kurang dari 15 menit. Adapun bahan yang dimaksud ini bernama “graphene ball”, bahan yang lebih cepat diisi ulang lima kali lebih cepat dari lithium ion.

Dikutip dari Mashable (29/11/2017), jenis baterai yang lama setidaknya membutuhkan waktu satu jam untuk terisi penuh. Namun dengan graphene ball, hanya butuh kurang lebih 12 menit sampai baterai terisi penuh. Ini memungkinkan meningkatnya kapasitas baterai sebanyak 45 persen, kata periset Samsung.

Kombinasi pengisian super cepat dan kapasitas baterai yang meningkat ini tentunya bukan hanya akan memberikan dampak yang besar pada smartphone saja, melainkan juga pada kendaraan listrik atau produk lain yang memerlukan baterai dengan kemampuan besar.

“Kami akan berkomitmen untuk terus melakukan eksplorasi dan mengembangkan teknologi baterai sekunder seiring dengan berkembangnya tren ini,” ujar Dr. Son In-hyuk, pemimpin peneliti Samsung dalam sebuah pernyataan.

Sementara teknologi baterai dengan kemampuan pengisian super cepat ini masih dalam tahap penelitian. Selain itu, Samsung juga mempertimbangkan faktor keamanan pada baterai berbasis graphene ball. Sebab baterai jenis ini mampu bertahan dalam suhu yang stabil pada 60 derajat Celcius.

Leave a Reply