Ternyata Mudah membuka Hp yang Lupa Kata Sandi, Tanpa Factory Reset

Ternyata Mudah  Mudah membuka Hp yang Lupa Kata Sandi – Penggunaan kata sandi atau pasword dalam smartphone, bukanlah hal yang asing lagi. Kata sandi sendiri digunakan untuk menghindarkan smartphone yang anda miliki dari tangan jahil seseorang. Namun sayangnya, manfaat tersebut kadang bisa menjadi musibah buat kita, tatkala penyakit pikun, sedang melanda. Kita lupa sama sekali susunan sandi yang kita bikin sendiri.

Buat anda yang sedang resah karena mengalami hal diatas, berikut ini kami share panduan atau solusi dalam mengatasi lupa kata sandi, agar tetap bisa membuka smartphone kita. tips ini bisa anda terapkan tanpa perlu melakukan factory reset.

Panduan mengatasi lupa kata sandi, saat membuka smartphone

1. Menggunakan android device manager

Penggunaan android device manager, bisa membantumu dalam membuka kata sandi yang kelupaan. anda bisa meminjam sejenak ponsel atau mungkin komputer milik teman untuk mengakses layanan yang satu ini. Yang perlu dilakukan adalah mengakses akun milikmu agar smartphone bisa terhubung dengan komputer.

Setelah berhasil mengakses akun, anda bisa membuka link android device manager lalu pilih kunci. Bagi anda yang merasa kesulitan dalam mengakses perangkat kamu, anda bisa menekan tombol refresh browser. Selanjutnya, klik kunci. Disini, anda akan diminta memasukkan kata sandi yang baru.

Ketik kata sandi atau password yang anda inginkan sebanyak dua kali lalu tunggu sekitar 5 menit. Selanjutnya, anda bisa buka smartphone milikmu dengan kata sandi yang sudah anda perbarui melalui komputer.

2. Menggunakan fitur forgot pattern

Fitur yang satu ini akan sangat membantu dalam membuka smartphone yang terkunci akibat lupa sandi. Forgot pattern umumnya akan muncul setelah anda mencoba kata sandi berulang-ulang namun masih juga gagal.

Setelah memilih forgot pattern, anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan yaitu menjawab pertanyaan atau dengan masuk ke akun google milikmu. Jika anda lebih memilih masuk ke akun, maka google, akan mengirimkan pola pembuka kunci.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Password yang Aman? Ikuti Tips Berikut Ini

3. Menggunakan safe mode

Sekarang ini banyak ditemui aplikasi lockscreen smartphone. Beberapa dari lockscreen ini mampu mengubah sandi yang disesuaikan dengan kombinasi jam, menit, serta status baterai.

Meski demikian, masalah bisa muncul saat, ada aplikasi dari orang lain yang masuk. Dalam hal ini anda bisa mencoba melakukan boot safe mode.

Cara melakukannya cukup beragam, tergantung dengan merk serta jenis ponsel pintar yang anda miliki. anda bisa melakukan browsing melalui browser lalu cari kombinasi yang mirip denganmu untuk masuk ke safe mode miliknya.

Setelah berhasil dilakukan, kunci layar dari pihak ketiga yang masuk akan dinon-aktifkan untuk sementara waktu. Setelahnya anda dapat menginstal aplikasi tersebut lalu reboot ponsel pintar milikmu dan keluarlah dari safe mode.

4. Menggunakan ADB untuk menghapus sandi

Bagi anda yang telah terbiasa menginstal rom atau melakukan root, tentu tidak lagi asing dengan dalam melakukan proses ADB yang satu ini. Adapun langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan kabel data dengan ponsel pintarmu.
  • Selanjutnya buka jendela command prompt di bagian diretori instalisasi ADB.
  • Ketik perintah yang ada lalu pilih enter.
  • Reboot smartphone.
  • Selesai proses di atas, biasanya sandi di lockscreen sudah tidak lagi ada. Meski demikian, hal ini hanya berlaku untuk sementara. Inilah kenapa ada baiknya anda tetapkan kata sandi baru sebelum melakukan proses yang selanjutnya.

5. Menggunakan samsung find my mobile

Bagi anda yang menggunakan smartphone bermerk samsung, mungkin anda akan sedikit berbahagia (bukan promosi lho), karena pada smartphone bermerk ini terdapat fasilitas find my mobile. Dan fasilitas tersebut bisa anda manfaatkan atau fungsikan untuk membantu membuka handphone kamu, saat lupa kata sandi.

Untuk yang belum tahu caranya, silahkah simak langkah-langkah berikut:

Langkah pertama adalah dengan cara membuka link find my mobile lalu login ke akun samsung milikmu. Yang perlu anda lakukan adalah memastikan jika anda pernah mengatur akun samsung ini sebelumnya. Karena jika tidak, maka proses tersebut tidak akan berhasil atau bekerja.

Bagi anda yang lupa kata sandi untuk membuka smartphone, cara diatas bisa digunakan sebagai solusinya. Walaupun berbagai cara di atas bisa membantu, alangkah baiknya jika anda antisipasi agar hal ini tidak sampai terjadi. Dengan cara mencatat sandi yang anda buat pada buku, atau di mana saja yang sewaktu-waktu bisa anda lihat, jika sedang lupa.

Leave a Reply