Tips Jitu Dalam Merawat Motherboard Agar Awet Dan Selalu Prima

Tips Jitu Dalam Merawat Motherboard Agar Awet Dan Selalu Prima |Mainboard atau yang lebih populer dengan sebutan Motherboard merupakan sebuah papan PCB yang memiliki chip BIOS, dan jalur jalur penghubung akses yang menyambungkan masing-masing perangkat pada motherboard. Singkatnya, Motherboard adalah papan tempat di mana hardware disematkan guna beroperasinya sebuah komputer.

Motherboard sangat berperan vital dalam kelangsungan beroperasinya komputer. Motherboard berfungsi layaknya kerangka di mana bagian bagian tubuh menempel pada tubuh.

Namun, tidak jarang motherboard mengalami kerusakan, entah itu karena faktor masa pakai, kelalaian pengguna ataupun pemeliharaan yang kurang optimal.

Nah buat anda yang mencari informasi tentang cara merawat motherboard agar awet serta selalu dalam kondisi yang prima, maka silahkan simak ulasan berikut ini.

Menjaga dan Memelihara Motherboard agar Tetap Prima

Tips Jitu Dalam Merawat Motherboard Agar Awet Dan Selalu Prima |Mainboard atau yang lebih populer dengan sebutan Motherboard merupakan sebuah papan PCB

edited by moriuz

1. Gunakan UPS (Uninterruptable Power Supply)

UPS dan stavolt merupakan dua perangkat yang berbeda, akan tetapi saling melengkapi. Kaitannya dengan motherboard adalah Jika aliran listrik berubah tiba tiba maka motherboard akan berkurang kinerjanya. Keuntungan menggunakan UPS adalah ketika listrik padam, maka komputer akan menyala unruk beberapa saat.

2. Bersihkan Motherboard dan Perhatikan Sirkulasi Udara

Kebersihan CPU dan motherboard perlu dijaga, bersihkan motherboard dan CPU secara berkala atau ketika dirasa motherboard dan CPU sudah cukup kotor. Pembersihan motherboard akan memberikan dampak yang baik, selain keawetannya terjaga, CPU dan motherboard akan terhindar dari kasus overheating.

Ketika membersihkan motherboard, selalu pastikan adakah baut yang tertinggal pada motherboard, karena jika terdapat baut yang masih di motherboard, ketika komputer dinyalakan, komputer akan mengalami hubungan arus pendek atau yang biasa dikenal dengan korsleting.

Perlu diingat bahwa dalam tahap pembersihan motherboard gunakan kuas atau kompresor udara yang bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotornya motherboard ketika dibersihkan.

3. Usahakan untuk menyalakan komputer secara Berkala

Motherboard perlu tetap bekerja agar konektor konektornya tidak mati. Usahakan untuk menyalakan komputer minimal tiga kali dalam seminggu. Jangan biarkan komputer tidak digunakan atau tidak menyala minimal tiga kali dalam seminggu karena bisa terjadi penurunan kualitas motherboard dalam mengalirkan arus listrik.

4. Bersihkan Slot Konektor

Selalu bersihkan slot konektor yang berfungsi untuk menghubungkan mainboard dengan komponen lain setidak tidaknya satu bulan sekali. Pembersihan rutin ini akan sangat membantu. Pembersihan ini bertujuan untuk menjaga agar slot slot pada motherboard tidak tertutup debu selama komputer digunakan.

Contoh slot yang dimaksud di sini seperti slot yang digunakan untuk memasang RAM, VGA Card, Ethernet card, Sound card, dan lain sebagainya. Slot slot inilah yang berfungsi untuk menghubungkan komponen dengan motherboard.

5. Sirkulasi Udara

Selain beberapa cara yang telah disebutkan di atas mengenai Merawat Motherboard Agar Awet, satu hal yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan motherboard agar tetap awet. Sirkulasi udara. Sirkulasi udara juga perlu diperhatikan, karena sirkulasi udara dibutuhkan komponen ini agar tetap bisa bekerja dengan baik.

Jangan lupa memberikan ruang untuk pertukaran udara bebas menggunakan ventilasi pada CPU. Hal ini akan membantu CPU dalam menjaga temperatur terbaik untuk motherboard dan komponen komponen lainnya.

Usahakan ventilasi udara yang digunakan sebagai sirkulasi udara di CPU bebas dari kotoran maupun debu karena jika ventilasi sudah kotor, maka akan semakin sulit untuk menjaga keawetan motherboard disebabkan udara panas yang terperangkap di dalam dan tidak bisa keluar lewat ventilasi.

Nah, semoga artikel mengenai  Tips Jitu Dalam Merawat Motherboard Agar Awet di atas dapat bermanfaat bagi anda

Leave a Reply