Tips Jualan Di Instagram Agar Laris, Mudah Dan Sederhana

Tips Jualan Di Instagram, Mudah Dan Sederhana – Bagi anda pebisnis online dan pengguna instagram pastinya sudah tidak asing lagi dalam memanfaatkan instagram untuk mengembangkanbisnis online anda.

Sering kita melihat setiap postingan pesohor yang isi komentar-komentarnya justru berisi promosi jualan produk. Cara ini sebenarnya kurang etis, anda bisa memanfaatkan instagram agar jualan anda laris manis dengan cara-cara seperti di bawah ini:

Beberapa Tips Jualan Di Instagram

1. Gunakan foto produk yang bagus

Tips pertama untuk menarik konsumen adalah dengan memberikan tampilan yang menarik, dalam hal ini adalah foto produk yang berkualitas. Anda setidaknya memerlukan kamera ponsel yang bagus dengan resolusi tinggi agar bisa menghasilkan gambar yang menawan.

Konsumen tentu akan lebih menyukai tampilan produk dengan foto yang jelas dan tampak cantik, daripada tampilan foto produk yang resolusinya minimalis.

Baca Juga: Bisnis Online Yang Paling menguntungkan Jangka Panjang, Sudah Coba?

2. Gunakan nama “BRAND” anda sebagai nama akun instagram

Tips Jualan Di Instagram berikutnya yaitu dengan menggunakan brand sebagai nama akun instagram. Misalnya seperti Dania Hijab atau Bunda Maya Gamis, maka orang akan lebih mengenal akun anda sebagai tempat untuk mendapatkan hijab atau gamis.

Memanfaatkan nama brand menjadi nama akun, akan membuat calon konsumen lebih mudah ingat mengenai produk yang anda jual.

3. Cerdas dalam menyeleksi produk yang akan dijual

Terkait dengan produk yang akan anda jual, maka sebaiknya periksalah terlebih dahulu sebelum anda jual kepada orang lain. Kualitas produk yang  ditunjang dengan harga yang kompetitif akan membuat orang lebih mudah untuk tertarik membeli, bahkan mereka bisa menjadi pelanggan tetap produk-produk yang anda jual.

Perlu di garis bawahi kepercayaan konsumen merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis online. Maka dari itu perhatikan terlebih dahulu kualitas produk yang akan di jual dan di promosikan di instagram.

4. Isilah akun instagram anda dengan profil yang lengkap dan jelas

Sebuah akun instagram, khususnya akun yang digunakan sebagai media promosi produk-produk jualan online anda, sebaiknya dilengkapi dengan data yang jelas.

Mulai dari nama pemilik, nomor telepon, website dan semua informasi yang berkaitan dengan produk yang anda jual. Jangan lupa sertakan foto profil dengan gambar yang baik.

5. Carilah follower sebanyak mungkin

Dalam dunia bisnis online, khususnya yang memanfaatkan instagram sebagai ajang promosi, maka jumlah follower adalah penting.

Semakin banyak jumlah follower yang follow akun instagram jualan anda, maka anda berpotensi meraih lebih banyak calon konsumen dan meraup lebih banyak rupiah.

Untuk bisa mendapatkan follower yang banyak, anda bisa menfollow banyak orang terlebih dahulu dengan target konsumen yang telah anda tentukan sebelumnya.

6. Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli

Setiap kali anda memposting produk jualan anda di instagram, pasti ada feedback dari followers anda, bisa berupa komentar atau bisa juga berupa pertanyaan, baik mengenai harga, detail produk dan lain-lain.

Sebagai penjual, jangan sampai pertanyaan-pertanyaan ini tidak terjawab dan anda tinggalkan. Setiap pertanyaan yang mungkin terlihat remeh, belum tentu tidak akan membeli produk anda, bisa jadi orang yang bertanya terlalu detail.

Pada akhirnya malah tidak jadi membeli. Jadi usahakan jawab semua pertanyaan terkait produk yang anda jual di instagram.

7. Beri jeda dalam berpromosi

Tips jualan di instagram berikutnya adalah beri jeda dalam melakukan promosi di instagram, Adakalanya berhentilah dalam berpromosi produk anda di instagram.

Atur jadwal dan kuantitas promosi anda di akun sosial media anda. Jika anda terlalu banyak memposting jualan produk, bisa jadi orang lain akan jenuh. Anda bisa memposting hal-hal lain yang masih terkait dengan produk, misalnya tips-tips merawat tas dan lain-lain.

8. Beriklan di instagram

Bagi anda yang ingin mendapatkan konsumen yang lebih tertarget, maka anda bisa memanfaatkan instagram ads. Sama halnya dengan facebook ads atau google adwords, fitur ini memungkinkan pengguna instagram untuk promosi dengan membayar sejumlah uang. Dengan cara ini target market anda lebih tepat sasaran dan terfokus.

Demikian informasi mengenai tips jualan di Instagram. Anda bisa menggunakan beberapa tips diatas sekaligus atau langsung beriklan di instagram untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik.

Leave a Reply