Tips Melakukan Perawatan Smartphone yang Efektif

Perawatan Smartphone yang Efektif – Salah satu hal yang dapat membuat smartphone kesayangan panjang umur,  yaitu dengan melakukan perawatan dengan baik. Smartphone yang digunakan sembarangan tentu daya tahannya akan berbeda dengan smartphone yang dirawat secara efektif. Tentu akan sangat menyusahkan jika smartphone yang kita miliki cepat rusak bukan? Maka dari itu, merawat smartphone dengan baik sudah menjadi kewajiban kita jika tidak ingin Smartphone yang kita miliki cepat rusak.

Lalu, bagaimana cara melakukan perawatan smartphone yang efektif ? Berikut kami rangkum beberapa tips untuk melakukannya dan pastinya mudah dipraktekkan. Selamat mencoba!

Cara Mudah Melakukan Perawatan Smartphone yang Efektif

perawatan smartphone yang efektif

image via Pixabay.com

  1. Jaga Kebersihan Smartphone Luar Dalam Merupakan Salah Satu Cara Perawatan Smartphone yang Efektif

Menjaga kebersihan smartphone luar dalam maksudnya, senantiasa membersihkannya baik bagian luarnya yang berupa perangkat atau hardware. Membersihkan debu-debu yang menempel secara teratur. Dan bagian dalamnya yang berupa sistem atau software seperti data-data atau history penelusuran yang tidak penting.

  1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Smartphone

Tempat penyimpanan smartphone juga harus diperhatikan. Letakkan smartphone yang tidak sedang digunakan ditempat yang aman dan jauh dari kemungkinan terjauh, terinjak, atau tertindih benda berat.

  1. Gunakan Aplikasi Sewajarnya Saja

Jangan mentang-mentang ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store, kamu malah seenaknya saja menginstall apalikasi. Teliti dulu sebelum menginstal banyak aplikasi, cek kapasitas ROM dan juga RAM pada smartphone kamu. Jangan sampai terlalu banyak menginstal aplikasi, karena hal ini dapat membuat kinerja smartphone menjadi lebih lamban dan suhunya akan lebih cepat naik dan panas.

  1. Menggunakan Case dan Pelingdung Layar Sangat Dianjurkan Dalam Perawatan Smartphone yang Efektif

Case tidak hanya sekedar untuk bergaya atau memperbagus tampilan smartphone, namun juga untuk melindunginya dari goresan atau benturan benda keras. Tentu aksesoris ponsel yang satu ini sangat diperlukan dalam perawatan smartphone yang efektif. Saat ini ada banyak sekali macam dan motif case yang dijual dipasaran. Hal ini juga memudahkan kita memilih case yang sesuai dengan pribadi kita.

Selain case, pelindung layar juga dibutuhkan untuk melindungi layar smartphone. Pelindungi layar akan melindungi layar smartphone dari goresan ataupun retakan. Sama seperti case, pelindung layar atau screen guard juga ada bermacam-macam jenisnya yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone Dengan Mudah

  1. Baterai Juga Tidak Boleh Terlepas Dari Perhatian

Tidak melupakan kondisi baterai dalam melakukan perawatan smartphone yang efektif agar lebih awet. Baterai umumnya menjadi gangguan bagi sebagian besar pengguna smartphone. Biasanya, gangguan terjadi karena tidak merawatnya dan sembarang memperlakukannya.

Agar baterai bisa lebih awet, gunakan charger yang asli. Dan hindari pula berlebihan saat mengisi daya baterai, walaupun sudah ada pemutus daya otomatis. Dan pastikan pelajari terlebih dulu panduaan melakukan pengisian daya baterai pada smartphone kamu. Agar kamu tidak salah melakukannya yang mungkin akan berakibat fatal bagi smartphone kita.

  1. Smartphone Juga Butuh Diistirahatkan Jangan Dipaksa Bekerja Terus Menerus

Sama halnya dengan manusia, smartphone juga butuh istirahat. Ketika kamu sudah tidak menggunakannya seperti malam hari misalnya, kamu bisa menonaktifkan smartphonemu. Dan aktifkan kembali saat akan digunakan.

Itu dia 6 tips dalam melakukan perawatan smartphone yang efektif. Jika kamu mengangap ponsel yang kamu miliki sangat penting, maka merawatnya dengan baik merupakan hal yang wajib dilakukan. Jauhkan pula smartphone dari kemungkinan terkena air, kecuali kalau smartphonemu tahan terhadap air.

Leave a Reply