Tips Memilih dan Merawat Flasdisk serta cara Memunculkan Data terhiden Virus

Tips Memilih dan Merawat Flasdisk serta cara Memunculkan Data terhiden Virus |Salah satu media penyimpan data yang terbilang sangat populer saat ini adalah flashdisk. Sifatnya yang fleksibel, ringan dan juga simpel membuat banyak orang masih menggunakannya sampai sekarang.

Flashdisk didefenisikan sebagai media penyimpan data yang memiliki memori kilat dengan tipenya yaitu NAND serta memiliki USB yang dijadikan sebagai media penyaluran data flashdisk dengan komputer dimana keduanya berhubungan satu sama lain.

Era digital yang berkembang semakin pesat juga turut mempengaruhi perkembangan flashdisk. Berbagai macam merek flashdisk membanjiri toko-toko komputer saat ini.

Itu sebabnya Anda perlu meperhatikan berbagai macam hal sebelum membeli suatu flashdisk karena bisa saja flashdis yang anda pilih tidak bermutu. Ada baiknya Anda membaca beberapa tips berikut ini sebelum membeli flashdisk.

Tips memilih flashdisk yang berkualitas

1. Tingkat kekuatan dari casing flashdisk

Kebanyakan orang lebih condong memilih flashdisk yang casing atau bodinya dianggap sangat cantik. Padahal bukan tingkat keindahan casing saja yang diperhitungkan, tetapi juga kuat atau tidaknya casing dari flashdisk tersebut adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum melihat pada indah atau tidaknya casing dari flashdisk tersebut.

Alasannya mengapa Anda harus memperhitungkan kuat atau tidaknya bodi dari flashdisk tersebut dikarenakan kebanyakan orang begitu intens tancap-cabut flashdisk dari port USB. Apabila bodi dari flashdisk Anda tidak kuat, maka flashdisk Anda pasti akan cepat rusak. Oleh sebab itu, memilih flashdisk dengan casing yang tingkat kekuatannya baik akan membuat flahdisk Anda lebih bertahan lama.

2. Ukuran casing dari flashdisk tersebut

Pentingnya memerhatikan ukuran casing dari flashdisk tersebut agar tidak makan tempat terlalu banyak. Maksudnya dari makan tempat terlalu banyak adalah ketika ukuran casing dari flashdisk Anda sangat besar, maka secara otomatis dapat menghalangi port USB sebelah tempat flashdisk Anda ditancapkan. Oleh karenanya, lebih baik Anda memilih ukuran bodi dari suatu flashdisk yang sangat ramping dan tidak memakan banyak tempat.

3. Merek dari flashdisk

Tingkat kualitas suatu benda biasanya selalu dihubungkan dengan suatu pemberian label bernama atau yang biasa kita sebut dengan merek. Pertimbangan dalam memilih merek suatu flashdisk diperlukan banyak referensi. Tidak hanya sumber yang berasal dari data yang ada di website saja, akan tetapi juga bisa berasal dari sumber lainnya yaitu pengalaman teman.

Tanyakan teman Anda lebih dulu semisal merek flashdisk tertentu yang sudah dipakainya. Dengan begitu, ada banyak hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih merek flashdisk tersebut.

4. Besar kapasitas penyimpanan beserta harga dari flashdisk tersebut

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih flashdisk adalah besar nilai kapasitas penyimpanannya. Nilai kapasitas penyimpanan biasanya selalu menjadi bahan pertimbangan oleh banyak orang, karena media penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar sangat diperlukan sekarang.

Tetapi jangan mudah terkecoh dengan flashdisk yang besarnya nilai kapasitas penyimpanannya besar namun dijual dengan harga miring.
Sebab tak dapat dipungkiri bahwa harga juga menjadi pertimbangan lainnya ketika hendak membeli flashdisk. Namun sekedar saran, baiknya Anda mencari informasi lebih dulu mengenai kualitas dari flashdisk yang memiliki nilai kapasitas penyimpanan yang besar dan dijual dengan harga miring.

Ingat, bahwa kualitas tidak dapat membohongi apapun. Jadi, pertimbangkanlah dengan matang segala keputusan Anda.

5. Keadaan fisik dari flashdisk

Penting bagi Anda untuk memilih flashdisk yang kualitas bahannya baik dan bentuknya yang sangat kokoh. Kekokohan dari flashdisk tersebut akan dapat mengantisipasi terjadinya banyak kerusakan pada saat Anda secara tidak sengaja menjatuhkan flashdisk tersebut. Sedangkan untuk kualitas bahannya, lebih baik Anda memilih flashdisk dengan lapisan terluarnya yang tersusun dari karet tanpa menyampingkan ukurannya.

6. Keorisinalitasan flashdisk

Hal yang paling mudah untuk melihat apakah flashdisk tersebut orisinal atau tidak sangatlah mudah. salah satunya bisa Anda melihat melalui tulisan yang terdapat pada bagian USB yang tertera dibaliknya. Apabila ada tulisan yang memang dipahat secara khusus di belakang bagian USB, maka flashdisk tersebut merupakan flashdisk asli. Tetapi apabila tidak ada, maka flashdisk tersebut tentu saja tidak asli.

Setelah Anda menentukan pilihan flashdisk mana yang akan pilih maka tips berikut ini akan sangat bermanfaat bagi Anda agar flashdisk yang Anda miliki bertahan cukup lama. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut ulasannya :

Tips merawat flashdisk yang baik

1. Usahakan tidak membuat flashdisk terkena benturan keras

Benturan keras yang terlalu sering Anda abaikan adalah menjatuhkan flashdisk Anda baik secara sengaja atau tidak sengaja ke lantai. Padahal flashdisk itu memiliki sifat yang sangat rentan terhadap benturan dan semakin sering terbentur tentu akan semakin tidak baik pula kondisi flashdisk Anda.

2. Hindari kebiasaan mengedit secara langsung

Tidak hanya makhluk hidup saja yang memiliki batasan usia, ternyata flashdisk pun juga sama. Suatu merek flashdisk biasanya juga ikut menentukan batasan usianya. Namun rata-rata umur flashdisk biasanya berkisar dari 10.000-100.000 kali proses penghapusan dan penulisan.

Oleh sebab itu, untuk membuat umur flashdisk Anda bertahan lebih lama, maka menghindarkannya dari kebiasaan mengedit langsung sebuah data yang berasa dari dalam flashdisk sangat dianjurkan.

3. Hindarkan dari tempat bersuhu tinggi

Tempat atau ruangan yang biasanya memiliki suhu tinggi selalu tidak dianjurkan untuk meletakkan apapun di dalamnya, terutama flashdisk. Kepekaan flashdisk terhadap suhu tinggi sangatlah baik. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk sebisa mungkin menghindarkan flashdisk Anda dari tempat yang bersuhu tinggi.

4. Hindari dari air

Meletakkan flashdisk pada tempat yang bersuhu tinggi saja tidak diperbolehkan, apalagi terkena air, tentu jawabannya sama. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jauhkan flashdisk Anda dari yang namanya air.

5. Melakukan scan virus

Sesuatu yang kita sebut virus pasti selalu tidak bisa dihindari. Penting bagi Anda untuk melakukan proses scanning pada flashdisk Anda tiap kali selesai memindah data baik itu dari komputer atau pun internet. Ingat, sumber virus bisa berasal dari mana saja termasuk komputer Anda sendiri. Oleh karenanya, lakukan scan virus pada flashdisk Anda secara teratur.

6. Jangan lupa menutup

Hal yang membuat mengapa Anda harus membiasakan untuk tidak lupa menutup flashdisk Anda selepas menggunakan karena flashdisk sangat rentan terhadap yang namanya kotoran dan juga debu. Kotoran atau debu yang lengket di flashdisk Anda akan membuat terganggunya proses “pembacaan” pada flashdisk menjadi terhambat. Jadi, biasakan menutup flashdisk ya!

7. Menjauhkan dari bahan elektronik lain

Bahan elektronik sangat berpengaruh pada flashdisk Anda. Hal tersebut disebabkan oleh adanya besarnya medan magnet yang dimiliki oleh benda elektronik lain. Besarnya kekuatan medan magnet tersebut juga memiliki dampak yang cukup besar pada flashdisk. Oleh sebab itu, sebisa mungkin agar Anda dapat menjauhkan flashdisk Anda dari barang elektronik lain.

8. Jangan lupa eject

Mengeject flashdisk selalu menjadi hal yang dianggap tidak begitu penting. Apalagi di tengah kondisi yang terburu-buru, proses meng-eject flashdisk mungkin sudah pasti akan dilupakan. Padahal sejatinya, proses tersebut memiliki peran penting dalam pengendalian sistem transmisi data pada flahsdisk Anda. Maka dari itu, biasakan untuk selalu meng-eject sebelum mencabut flashdisk dari port USB.

Hal yang sangat vital yang perlu Anda waspadai adalah serangan virus pada flashdisk yang membabi buta. Apalagi infeksi dari virus tersebut membuat data-data tertentu Anda tiba-tiba hilang, pasti membuat Anda menjadi sangat panik. Untuk mengatasi kepanikan tersebut, lakukan cara ini untuk mengembalikan data-data Anda yang disembunyikan oleh flashdisk.

Tips mengembalikan data-data yang tersembunyi /terhidden

1. Usahakan untuk tidak panic terlebih dahulu. Coba untuk lebih tenang lagi. Setelah Anda tenang, kemudian tekan tombol yang ada gambar ikon windows +R, setelah itu ketik huruf “CMD”pada keyboard Anda.
2. Langkah selanjutnya ketik nama drive dari data-data yang hilang tersebut. Misalkan flashdisk Anda itu simbolnya R:, maka ketikkan R: pada kotak dialog CMD.
3. Proses berikutnya adalah menuliskan program perintah berikut ini :
Attrib –r –a –s –h *.* /s /d kemudian tekan enter
4. Setelah muncul simbol F: \> — , proses pun dinyatakan selesai. Kemudian Anda bisa langsung cek data Anda yang hilang.

Nah itu dia atas informasi mengenai flasdisk, Tips Memilih dan Merawat Flasdisk serta cara Memunculkan Data terhiden Virus. Semoga bermanfaat

One Response

  1. Bablofil

Leave a Reply