Tips Mengelola Keuangan Dari Gaji di Bawah 2 Juta dan Sudah Berkeluarga

Mengelola keuangan sangatlah penting untuk dilakukan apalagi bagi anda yang sudah berkeluarga. Karena berapapun gaji yang anda terima kalau tidak dikelola dengan baik, tentunya akan mempengaruhi masa depan anda, dan pastinya keluarga anda juga akan merasakan imbasnya.

Meskipun gaji anda pas-pasan atau tidak begitu besar, tetapi jika benar dalam mengelola, dalam artian bijak dalam mengatur pos pengeluaran, maka tak menutup kemungkinan anda bisa menyisihkan uang untuk di tabung tiap bulannya.

Nah, berikut ini kami bagikan beberapa tips mengelola keuangan bagi yang sudah bekeluarga, dengan gaji di bawah 2 jutaan. Silahkan disimak

Tips mengelola keuangan keluarga dengan gaji di bawah 2 juta

tips mengelola keuangan

image from pexel.com

1. Rencanakan belanja bulanan

Saat merencanakan belanja bulanan, pisahkan antara kebutuhan dan keinginan anda. Buat daftar belanja bulanan dengan cara menulisnya dan pastikan hanya belanjakan uang anda sesuai dengan apa yang telah ditulis.

Anggaran belanja dengan cara tertulis dapat meminimalisir pemborosan dan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Hindarilah dan bila perlu jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang sebelumnya telah direncanakan.

2. Pisahkan daftar pengeluaran

Agar bisa mengelola keuangan dengan gaji di bawah 2 juta dengan baik, buatlah daftar pengeluaran anda dan keluarga menjadi dua yaitu pengeluaran pokok dan pengeluaran sekunder.

Di mana pengeluaran pokok meliputi uang makan, uang listrik, air, uang transportasi, cicilan yang anda punya seperti cicilan rumah atau cicilan kendaraan. Sedangkan kebutuhan sekunder meliputi belanja pakaian, travelling keluarga sampai hangout bersama teman-teman atau rekan-rekan kerja anda.

Dan khusus, bagi anda yang baru menikah, idealnya jangan terburu-buru dulu untuk membeli kendaraan. Pentingkan anggaran untuk biaya rumah terlebih dahulu. Jika kredit rumah anda sudah berjalan setengah dari tanggungan yang harus dilunasi atau bila perlu lunasi terlebih dahulu kredit rumah anda, barulah mengambil kredit kendaraan.

Hal ini untuk mengingatkan anda bahwa uang gaji anda yang di bawah 2 juta tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga anda.

3. Menghemat pengeluaran uang makan

Tidak terasa kalau ternyata pengeluaran yang banyak ada pada kebutuhan sehari-hari yaitu uang makan. Untuk memenuhi kebutuhan makan tiga kali dalam sehari, serta meminimalisir pengeluarannya, sebaiknya memasak saja di rumah. Bila perlu anda membawa bekal makan siang di kantor. Selain hemat, makanan yang dimasak sendiri lebih sehat.

4. Batasi makan di luar

Jangan biasakan makan di luar karena akan membuat pengeluaran anda menjadi bengkak. Sesekali makan di luar tidak masalah, tetapi harus dibatasi misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali. Supaya uang anda tidak habis hanya untuk makan saja dan anda bisa membeli beberapa barang yang lebih bermanfaat atau bisa anda alihkan untuk tabungan.

5. Cari pekerjaan tambahan

Manfaatkan waktu luang yang anda miliki untuk mencari pekerjaan tambahan misalnya menjadi seorang freelancer. Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari menjual pulsa all operator, jualan secara online, menjadi seorang penulis lepas dan sebagainya, yang penting tidak mengganggu pekerjaan utama anda.

Dengan uang tambahan yang anda hasilkan dari freelance tersebut, akan membantu anda mencukupi kebutuhan rumah tangga dan menambah uang tabungan.

6. Rencanakan uang pendidikan anak

Meskipun anda pasangan yang baru menikah dan gaji anda hanya di bawah 2 juta per bulan, bukan berarti anda tidak bisa menyisihkan uang untuk merencanakan tabungan pendidikan bagi anak anda ke depannya.

Jika anda dan pasangan memutuskan menunda momongan, keputusan ini bisa menjadi kesempatan besar bagi anda di masa-masa awal membangun kehidupan rumah tangga supaya lebih tertata dengan baik terutama dalam masalah keuangan. Namun, jangan terlalu lama menunda momongan.

Caranya, sisihkanlah uang gaji anda sekitar 10% per bulannya khusus untuk tabungan pendidikan anak anda ke depannya.

7. Membuat tabungan rencana

Banyak tabungan rencana yang ditawarkan oleh bank dan setoran untuk tabungan rencana ini bisa disesuaikan dengan kantong anda. Hal ini termasuk tips mengelola keuangan yang efektif.

Anda bisa merencanakan tabungan dalam kontrak yang berjangka panjang misalnya 5 sampai 10 tahun ke depan, atau maksimal sampai 50 tahun ke depan. Sebaiknya, tabungan rencana ini anda buat ketika di masa awal membangun rumah tangga yaitu setelah pernikahan.

Tujuan dibuatnya tabungan rencana ini yaitu untuk masa depan keluarga anda. Tentunya, anda tidak akan selamanya mengandalkan gaji di bawah 2 juta. Dengan adanya tabungan rencana, nantinya anda bisa membuka usaha sampingan atau bahkan bisa menjadi seorang entrepeneur dengan modal dari hasil tabungan rencana yang anda sisihkan tiap bulannya.

8. Ikut Arisan

Cara mengelola keuangan dengan gaji di bawah 2 juta berikutnya, yang bisa anda coba adalah dengan membuat kelompok arisan dengan rekan-rekan kerja anda.

Tentukan iuran setiap bulan atau minggunya dan tentukan juga berapa jumlah anggota arisan. Misalnya anggota arisan sebanyak 10 orang dan iurannya Rp. 200.000,- per bulannya. Berarti sudah pasti dana yang terkumpul sebanyak 2 juta.

Jika nama anda saat diundi muncul, dana tersebut lumayan untuk menambah uang kebutuhan anda dan keluarga. Hitung-hitung, arisan adalah tabungan untuk jangka pendek.

Nah, itulah tips mengelola keuangan dengan gaji di bawah 2 juta dan sudah berkeluarga. Intinya supaya bisa menabung dan mengelola keuangan dengan baik meskipun gaji hanya di bawah 2 juta yaitu niat dalam diri anda. Jika niat anda sudah matang, apa yang telah anda rencanakan pasti bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply