#5 Tips Menghemat RAM Smartphone yang Sering Lemot

5 Tips Menghemat RAM Smartphone |Pada Masa sekarang ini, sudah banyak vendor smartphone atau Android yang membekali produknya dengan RAM yang besar. Tentu ini sangat menyenangkan bagi orang yang suka sekali hidup ‘berteman’ dengan smartphone atau Android. Karena smartphone yang telah di lengkapi dengan RAM tinggi, bisa di gunakan untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Namun permasalahannya adalah, smartphone atau Android dengan kapasitas RAM yang besar biasanya dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Sehingga akhirnya jika keuangan kita pas pasan, mau tidak mau kita harus rela memakai Android dengan kapasitas RAM yang kecil.

Smartphone atau Android dengan kapasitas RAM yang besar atau kecil sebenarnya bukanlah masalah asalkan kita tahu cara untuk merawat smartphone atau Android yang kita miliki tersebut. Salah satunya mengetahui cara menghemat Ram Smartphone agar terhindar dari masalah hang dan Lemot.

Nah, di bawah ini kami akan mengulas mengenai cara untuk menghemat RAM smartphone atau Android yang bisa Anda ikuti supaya kinerja smartphone atau Android Anda dapat tetap terjaga. Berikut ulasannya

5 Tips Menghemat RAM Smartphone yang Sering Lemot

1. Kurangi Aplikasi yang Menjalankan Layanan di Background Process

Layanan atau service yang ada di latar belakang yang biasanya berasal dari social media yang Anda pasang di Android Anda juga turut mempengaruhi kapasitas RAM yang bisa berakibat pada penurunan kinerja Android Anda.
Solusinya adalah dengan melakukan stop force pada program yang Anda inginkan seperti pada akun sosial media yang jarang Anda gunakan. Nah, untuk melakukan stop force inipun sangat mudah, antara lain:

a. Masuk ke menu Pengaturan
b. Pilih Aplikasi
c. Tekan nama aplikasi yang ingin Anda stop
d. Pilih Hentikan Paksa

2. Pasang Aplikasi yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Bagaimanapun setiap aplikasi yang Anda pasang di Android Anda tentu akan mengurangi kapasitas RAM pada Android Anda. Sehingga dengan demikian, sebaiknya Anda hanya menginstall aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan yang sekiranya akan sering Anda gunakan.

Namun, jika Anda sudah terlanjur banyak menginstall aplikasi yang kurang penting, Anda bisa meng-uninstall aplikasi yang kurang penting tersebut. Untuk menjaga agar kinerja Android tetap optimal, sebaiknya Anda tetap menyisakan ruang kosong pada RAM Android Anda paling tidak 30% dari total kapasitas RAM Android milik Anda.

3. Gunakan Aplikasi RAM Cleaner

Anda bisa menggunakan aplikasi RAM Cleaner sebagai salah satu cara menghemat RAM smartphone Android milik Anda. Anda bisa mendapatkan aplikasi RAM Cleaner ini di Play Store., misalnya DU Speed Booster, Clean Master dan masih banyak aplikasi serupa lainnya.

4. Batasi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Widget memang sangat membantu sebagai jalan pintas untuk langsung menuju aplikasi yang diinginkan dan sering digunakan. Namun perlu diketahui, bahwasanya penggunaan widget ini membutuhkan memori tambahan sehingga juga berpengaruh terhadap kinerja RAM.

Sama halnya dengan Live Wallpape. Sekalipun Live Wallpaper ini membuat tampilan Android menjadi lebih cantik, hal ini juga membutuhkan memori tambahan yang ujung-ujungnya berpengaruh terhadap kapasitas RAM.
Sehingga untuk menghemat penggunaan RAM, sebaiknya Anda membatasi penggunaan widget dan Live Wallpaper ini supaya kinerja Android tetap optimal.

5. Lakukan Restart Android Secara Rutin

Meskipun tampakanya restart ini tidak terlalu penting, namun kegiatan me-restart Android justru akan membebaskan penggunaan RAM serta cache yang digunakan oleh banyak aplikasi saat Android tengah bekerja.

Nah, itulah ulasan mengenai cara untuk menghemat RAM smartphone  Android milik Anda. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply