Tips Menjadi Seorang Penulis Kontributor Tanpa Meniggalkan Blog Milik Pribadi

Menjadi seorang penulis kontributor memang aktifitas yang sangat menyenangkan, selain mendapatkan income yang lumayan tentunya banyak manfaat lain yang kita dapatkan. Seperti ilmu pengetahuan, pengalaman serta hal lain yang tentunya mempunyai nilai yang sangat positif.

Namun ada yang perlu digaris bawahi, sebenarnya menjadi seorang penulis kontributor yang baik bukan hanya di nilai dari segi kualitas tulisannya saja. Melainkan Ada beberapa hal penting lain yang perlu diperhatikan. Diantaranya yaitu Disiplin, konsisten serta manajemen waktu dalam kegiatan menulis.

Disiplin, konsisten dan memanajemen waktu dalam kegiatan menulis merupakan hal yang wajib diterapkan oleh seorang penulis kontributor, baik itu seorang penulis kontributor yang masih pemula maupun yang sudah mahir.

Terlebih lagi jika seorang penulis kontributor tersebut mempunyai blog pribadi dan dikelola oleh sendiri. Hal ini tentunya akan membantu dalam mengelola keduanya. Karena sering terjadi ketika asik menjadi seorang penulis kontributor di blog milik orang lain terkadang blog milik pribadi jadi terabaikan.

Apalagi lagi jika upah yang di berikan oleh blog orang lain tersebut sangat besar. Mungkin lambat laun blog milik pribadi akan terlupakan.

Dengan demikian pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai tips bagaimana caranya menjadi seorang penulis kontributor di blog lain tanpa meninggalkan blog milik pribadi.

Maksudnya, walaupun anda aktif menulis artikel di blog milik orang lain, namun tetap konsisten menulis artikel di blog milik anda.

Inilah Tips Menjadi Seorang Penulis Kontributor Tanpa meninggalkan Blog milik Pribadi

Menjadi seorang penulis kontributor

Image from pixabay

1. Mengenal Diri Sendiri

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang penulis kontributor di blog orang lain ada baiknya anda mengenal pribadi anda terlebih dahulu. Mulai dari bidang apa yang anda tekuni, hingga mengenal kondisi dan keadaan keseharian anda.

Dengan begitu anda akan mendapatkan signal, apakah anda layak atau tidak untuk menjadi seorang penulis kontributor. Layak yang dimaksud disini adalah kemampuan dalam segi waktu yang dapat anda luangkan untuk menambah aktifitas baru.

Jika keadaan dan kondisi tersebut memugkinkan, barulah anda memutuskan untuk menambah aktifitas baru anda dengan menjadi seorang penulis kontributor di blog orang lain.

2. Memilih dan Menentukan Blog

Setelah anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis kontributor, selanjutnya anda mesti menentukan blog mana yang cocok dengan anda. Untuk memilih atau menentukan blog mana yang cocok, ada beberapa kriteria yang mesti anda perhatikan yaitu aturan mainnya. Diantaranya seperti, ketentuan pembayaran, ketentuan penulisan dan ketentuan lain berkaitan dengan blog tersebut.

Serta tidak ketinggalan juga dengan tema blognya. Lebih baik memilih blog yang bertema sesuai dengan hobi atau pengetahuan anda. Dan jangan lupa pilih blog dengan kualitas penerapan seo yang baik. Karena jika blog tersebut mempunyai kualitas seo yang baik tentunya akan banyak juga yang membaca artikel yang anda tulis.

 

3. Menentukan kategori

Untuk Menjadi seorang penulis kontributor, anda juga mesti cermat dalam memilih dan menentukan kategori. Menentukan kategori apa yang akan dipilih, ini akan berdampak juga pada kualitas hasil tulisan anda.

Alangkah baiknya memilih kategori yang sesuai dengan hobi, minat dan keahlian anda. Bahkan Selain itu juga, dengan memilih kategori yang tepat anda bisa focus dan lebih sistematis dalam pembahasan artikel yang anda buat nanti.

Atau anda boleh coba penerapan lain dalam hal kategori. Misalnya saja, saat ini anda mempunyai nice blog teknologi, padahal selain pengetahuan tentang teknologi anda juga mempunyai hobi dan kemampuan menulis artikel tentang travelling. Kemudian anda mempunyai keinginan menulis serta bebagi pengalaman mengenai travelling.

Dari pada anda mesti membuat blog baru atau menjadikan blog sebelumnya menjadi blog gado- gado , Lebih baik anda kontribusikan tulisan anda diblog yang membahas travelling juga.

Tentunya Ini lebih baik jika dibandingkan dengan membuat blog baru atau menjadikan blog sebelumnya, jadi blog gado- gado.

4. Mengatur waktu

Selain ketiga poin penting diatas untuk menjadi seorang penulis kontributor diblog lain, hendaknya anda untuk membagi waktu. Mengapa demikian? Karena dengan waktu anda yang terjadwal dan terencana, ini tidak akan mengganggu aktifitas anda yang lain. Point ini penting sekali bagi blogger yang mempunyai aktivitas lain, seperti pekerja kantoran.

5. Disiplin dan Konsisten

Selanjutnya, untuk menjadi seorang penulis kontributor, harus bisa menerapkan sikap disiplin dan konsisten. Maksud dari disiplin ini ialah anda harus taat pada perencanaan yang sudah anda buat. Misalnya saja, anda sudah membuat jadwal atau mengatur waktu kapan untuk menulis dan kategori artikel apa yang mesti ditulis pada waktu tertentu. Nah disitulah anda harus ikuti jadwal atau perencanaan yang telah anda buat sebelumnya.

Sedangkan konsisten penerapanya yaitu mengenai jumlah dan periode waktu pengiriman artikel untuk di terbitkan. Jadi anda harus konsisten berapa jumlah artikel dan dalam waktu berapa hari sekali anda menulis dan mengirim artikelnya. Lebih baik lagi jika anda dapat menerbitkan artikel setiap harinya, walaupun itu hanya satu artikel. Karena dapat meningkatkan kuallitas seo untuk blog tersebut.

Contoh penerapan: misalnya anda hari ini menerbitkan artikel di blog anda pribadi sebanyak satu artikel. Dihari yang sama anda juga mengirim artikel di blog lain sebanyak satu artikel. Jadi jika anda konsisten, anda dapat menerapkannya setiap hari. Atau jika anda ingin menambah jumlah artikel setiap harinya anda bisa lakukan sesuai dengan kemampuan anda. Saran saya lakukan secara bertahap.

6. Istirahat dan Liburan

Meluangkan waktu untuk liburan dan istirahat dalam kegiatan menulis merupakan hal yang penting dan wajib dilakukan. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan anda. Karena setelah anda beraktivitas padat, otak dan fisik perlu diistirahatkan. Selain itu banyak manfaat lainnya jika anda meluangkan waktu untuk istirahat dan lliburan.

Nah itulah sedikit tips mengenai bagaimana caranya menjadi seorang penulis kontributor tanpa meninggalkan blog pribadi anda. Jika anda tertarik menjadi seorang penulis kontributor di blog kami silahkan kunjungi halaman kontributor. kemudian jangan lupa pahami terlebih dahulu aturan main atau Rules yang sudah kami buat. Terimakasih , semoga bermanfaat khususya bagi blogger dan seorang penulis kontributor.

Leave a Reply