Tips Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman Digunakan

Tips Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman Digunakan – Sering kali banyak nasabah yang teledor dalam menggunakan kartu kredit untuk melakukan Transaksi Finansial. Padahal kartu kredit ini merupakan salah satu benda yang paling penting dan harus dijaga.

Karena jika berpindah ke tangan orang lain maka setiap bulannya tagihan anda akan naik dan anda tidak menggunakannya sama sekali. Hal seperti ini sering kali terjadi dan anda sebagai pemik kartu kredit harus benar-benar bisa menjaganya dengan aman.

Ada beberapa tips yang bisa saya berikan disini bagaimana menjaga Kartu kredit tetap aman saat digunakan. Berikut pembahasan yang bisa saya berikan.

a. Gunakan dengan aman saat bertransaksi

Yang pertama yaitu dengan menggunakan kartu kredit dengan aman pada saat melakukan proses transaksi keunangan baik di Merchant yang bekerjasama, Bisa jadi ada proses kesalahan ketika melakukan pembayaran dan ketika melakukan transaksi lain.

Pastikan anda teliti dengan benar bagaimana proses penggesekan kartu kredit dan pastikan bahwa kartu kredit anda tidak ditukar. Cara seperti ini sangat merugikan pembeli yang menggunakan kartu kredit.

Lebih baik gunakan uang tunai jika anda berbelanja di Toko-toko swalayan jika anda ragu menggunakan kartu kredit, cukup gunakan kartu kredit untuk berbelanja Online di internet.

b. Jangan membagi data kartu kredit anda

Kebanyakan orang sering membagi data kartu kredit mereka kepada orang yang mungkin belum sepenuhnya bisa dipercaya dengan baik, hal seperti ini umumnya sering terjadi dan kadang menimbulkan masalah dengan dampak yang besar terhadap orang tersebut.

Untuk karena itu batasi bahwa data kartu kredit anda hanya anda saja yang boleh mengetahuinya. Pastikan jaga kartu kredit tetap aman dalam genggaman anda sehingga tidak terjadi namanya hacking dan lain-lain yang tidak diinginkan oleh anda.

c. Teliti saat membayar tagihan bulanan

Yang ketiga adalah dengan Teliti membayar tagihan kartu kredit anda, jangan mudah percaya dengan aplikasi ataupun jasa yang memudahkan dalam proses pembayaran tagihan kartu kredit setiap bulannya.

Bisa jadi ada perubahan data dan adanya nominal yang dilebihkan ataupun dikurangi dari Kartu kredit anda. Lebih aman jika anda datang langsung ke Bank yang bersangkutan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Proses seperti pembayaran tagihan adalah proses yang penting, karena jika tagihan bulanan anda tidak masuk maka bisa jadi utang anda akan semakin membengkak.

d. Tanda Tangani kartu kredit anda

Jika anda menginginkan kartu kredit anda tetap aman, maka berikan tanda tangan pada kartu kredit anda. Cara ini merupakan upaya terbaik agar kartu kredit anda tidak tertukar ataupun pada saat hilang bisa ditemukan dengan mudah, terlebih kalau kartu kredit anda jatuh. Maka orang bisa menemukanya dan mengembalikannya kepada anda.

e. Gunting kartu kredit yang tidak terpakai

Agar data-data anda aman dan tidak disalagunakan dengan orang lain, maka lebih baiknya Gunting atau rusak kartu kredit yang sama sekali tidak terpakai, bisa jadi kartu kredit yang sudah tidak dipakai dan anda buang sembarangan disalahgunakan oleh orang lain yang sama sekali tidak bisa bertanggung jawab. Untuk karena itu pastikan menyimpan kartu kredit yang tidak terpakai dengan aman.

f. Ganti Nomor PIN setiap saat

Mengganti Nomor pin setiap saat untuk para pemegang kartu kredit merupakan salah satu kewajiban yang perlu dilakukan. Tujuannya agar tetap aman.

Baca Juga: Alasan Mengganti Pin ATM secara Berkala

Nah itulah cara terbaik menjaga kartu kredit agar tetap aman. Terimakasih

Leave a Reply