Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makelar Jual Beli Kendaraan

Seperti yang kita ketahui, persaingan di bisnis makelar jual beli kendaraan saat ini sangat ketat. Keuntungan yang menjanjikan membuat banyak orang memutuskan menggeluti bisnis ini. Mulai dari makelar kecil-kecilan, memiliki pajangan motor di pinggir jalan, hingga yang punya showroom besar. Nah, jika Anda juga tertarik menggeluti bisnis ini, setidaknya Anda harus menerapkan tips-tips berikut agar sukses.

Tips Agar Sukses menjadi Seorang Makelar Jual Beli Kendaraan

1. Lokasi

Jika Anda ingin mendirikan showroom, maka pilihlah lokasi yang strategis. Misalnya di pinggir jalan raya, tempat yang ramai dikunjungi orang, dan luas bangunannya harus mampu menampung mobil atau motor yang Anda jual.

Jika Anda tidak memiliki cukup banyak modal, Anda dapat menjadi makelar jual beli kendaraan tanpa harus membuka showroom sendiri. Caranya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan internet untuk memasarkan kendaraan yang Anda jual. Saat ada calon pembeli yang tertarik, Anda dapat mengatur janji untuk bertemu dan melihat kendaraan yang dijual.

2. Jenis Kendaraan

Menjadi seorang makelar jual beli kendaraan dituntut harus bisa memilih jenis kendaraan yang banyak diminati oleh calon pembeli. Dengan menawarkan kendaraan yang banyak diminati misalnya seperti minibus dan sedan, Anda akan mampu memutar modal dengan cepat. Tawarkanlah jenis kendaraan dengan harga sekitar 70 juta hingga 150 juta dan maksimal pembuatannya 7 tahun lalu.

3. Jalin Kerjasama dengan Penjual Langsung

Usahakan untuk menjadi makelar tangan pertama yang benar-benar menghubungkan antara penjual kendaraan dengan pembeli. Janganlah Anda menawarkan kendaraan yang sudah berasal dari makelar lain, karena Anda akan mendapatkan harga jual awal yang lebih mahal daripada aslinya. Jika begini, Anda pasti tidak dapat mematok harga yang terjangkau. Ingatlah bahwa calon pembeli kendaraan itu sangat sensitif masalah harga. Jadi kesimpulan dari poin ini, menjadi seorang makelar jual beli kendaraan, usahakan anda adalah seorang makelar tangan pertama.

4. Kuasai Seluk Beluk Kendaraan

Bisnis di bidang makelar jual beli kendaraan tak ubahnya seperti menjadi sales suatu produk. Jika Anda tak menguasai produk yang dijual, pasti calon pembeli pun ragu untuk mau membeli produk Anda. Apa jadinya jika seorang makelar sedang menawarkan kendaraan kepada calon pembeli, namun Anda tak mampu menjelaskan kondisi dan spesifikasinya.

5. Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Jika Anda sedang mencoba menawarkan kendaraan yang dijual oleh perseorangan (bukan dari showroom), usahakan untuk selalu mengecek keaslian dokumen-dokumen kendaraan tersebut. Anda dapat mengeceknya melalui Samsat terdekat. Jangan sampai tanpa sepengetahuan Anda, kendaraan yang coba Anda tawarkan ternyata adalah hasil curian dan sebagainya. Karena ini justru akan menyulitkan dan menjadi masalah besar bagi Anda.

Referensi lain: Anda Sedang Menjalankan Usaha Rental Mobil? Coba Lakukan Tips Sukses Ini

6. Berikan Kesan Kendaraan yang Terawat

Seseorang tertarik dengan kendaraan yang Anda tawarkan pertama melalui penampilannya. Sebelum calon pembeli mengecek berbagai kelengkapan dan performa mesin, pasti yang pertama mereka perhatikan adalah penampilan kendaraan, baik interior maupun eksterior. Oleh karena itu, usahakan penampilan kendaraan yang Anda tawarkan selalu dalam keadaan bersih dan terawat. Dengan cara ini, Anda akan mampu menaikkan harga jual kendaraan tersebut.

7. Manfaatkan Momen Penting

Berikutnya tips untuk menjadi seorang makelar jual beli kendaraan yaitu dengan memanfaatkan momen penting. Misalnyam Momen-momen menjelang hari besar keagamaan seperti Idhul Fitri merupakan saat yang krusial dalam penjualan kendaraan. Biasanya selama momen tersebut, kebutuhan akan kendaraan semakin meningkat daripada hari biasanya, apalagi dengan adanya budaya mudik.

Manfaatkanlah momen ini untuk gencar menawarkan kendaraan kepada calon pembeli. Jadikan orang yang akan melakukan perjalanan mudik sebagai calon pembeli kendaraan Anda. Keluarga yang akan mudik biasanya memiliki gengsi tinggi. Mereka biasanya mencari kendaraan bekas untuk mudik selain demi kenyamanan perjalanan juga sebagai bukti kesuksesan selama bekerja di kota. Jadi mereka adalah calon pembeli yang potensial.

Itulah diatas 7 tips sukses menjalankan bisnis makelar jual beli kendaraan. Tanpa modal yang besarpun ternyata Anda mampu menggeluti bisnis ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply