#5 Alasan Youtuber Indonesia Aktif Posting Video Di Youtube

5 Alasan Youtuber Indonesia Aktif Posting Video Di Youtube – Tidak diragukan lagi, semua pengguna internet pasti pernah mengakses Youtube. Youtube merupakan situs yang khusus menyediakan konten yang berupa video. Isi dari video tersebut bisa bermacam-macam tema, seperti video musik, tutorial, komedi, gaya hidup, berita, pendidikan, dan lain sebagainya.

Selain sebagai penonton, setiap orang bisa menjadi pembuat video tersebut. Di Indonesia, orang-orang yang membuat konten video di Youtube disebut dengan istilah Youtuber; berhubung kita lahir dan menetap di Indonesia, maka kita disebut Youtuber Indonesia.

Lalu, kira-kira hal apa yang menjadi latar belakang motivasi para youtuber Indonesia ini mau repot-repot membuat konten video di youtube? Saya kira, jawabannya akan bervariasi antara setiap individu.

Berikut Alasan Youtuber Indonesia Aktif Posting Video Di Youtube:

1. Dapat Menghasilkan Uang

Salah satu yang menjadi alasan para youtuber membuat video yakni uang. Sampai sekarang alasan itulah yang paling banyak saya temui. Sebagian orang pasti belum mengerti bahwasannya dari membuat video di Youtube, terdapat potensi untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Secara teknis, untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube, syarat pertama yaitu video yang dibuat haruslah mendapatkan banyak viewer. Jika video telah mendapatkan banyak penonton, maka kita bisa mengajukan kepada Google untuk menawarkan pemasangan iklan pada video tersebut.

2. Berbagi Dalam karya

Alasan kedua yang menjadi motivasi para youtuber Indonesia membuat video yakni sebagai sarana berbagi. Meskipun terdengar aneh bagi sebagian yang berjiwa bisnis, namun bagi sebagian mereka yang lain, para youtuber Indonesia ini hanya ingin berbagi.

Mungkin lebih tepatnya, hasrat berkarya yang dimotori oleh sense kreatifitas adalah penggerak utama. Kepuasan telah membuat karya adalah tujuan itu sendiri. Tanpa harus memiliki target mendapatkan pundi-pundi uang; meskipun juga berpotensi.

3. Edukasi

Alasan ketiga yang menjadi motivasi para youtuber Indonesia untuk membuat konten video di Yotube yaitu sebagai sarana pendidikan. Dengan membuat video yang bermutu serta bersifat mendidik, mereka ingin agar orang-orang yang menyimak video mereka mendapatkan wawasan baru, ilmu pengetahuan baru.

Para pelaku youtuber Indonesia seperti ini berasal dari kalangan guru, dosen, dan sejumlah aktivis pendidikan. Video yang mereka buat bisa berupa tutorial, penjelasan tentang keilmuan, atau wawasan sosial yang mampu membukakan pemikiran baru.

Mereka yang memberi kemanfaatan semacam ini ada yang bergerak secara individu maupun dengan anggota sesama komunitas mereka.

4. Menyalurkan Hoby

Alasan keempat. Para youtuber Indonesia ini memanfaatkan Youtube sebagai media penyalur hobi dan bakat mereka.

Mereka yang mempunyai minat khusus dalam satu bidang tertentu, ingin menunjukkan aktualisasi diri kepada masyarakat. Selain itu, dengan membuat video yang bisa diakses secara luas, para youtuber Indonesia ini memperoleh kemanfaatan berupa apresiasi dari sesama pecinta hobi yang digemari itu.

Hobi mereka biasanya seputar musik, pecinta motor, pecinta hewan piaraan, programmer, pengembang teknologi, hobi masak, tata ruang, desain, dan masih banyak lainnya.

Manfaat lain yang diperoleh yaitu mereka bisa saling memberi dan menerima dalam ilmu dan wawasan yang mereka geluti tersebut. Dari tema video yang dibuat tersebut, lalu dijadikan sebagai ajang diskusi, saling memberi kritik, dan saling memberi saran.

5. Popularitas Di Dunia maya

Alasan kelima yang menjadi penggerak para youtuber Indonesia berkarya lewat Youtube yaitu mereka bisa memiliki kesempatan untuk menjadi artis di dunia maya tersebut.

Khususnya menjadi artis di kalangan Yotuber. Dengan modal sedikit nekat serta karya yang bagus, para youtuber Indonesia ini memiliki peluang dan potensi untuk menjadi sosok figur yang terkenal di dunia maya. Yah, bolehlah sedikit banyak untuk narsis.

Hal tersebut wajar dan normal saja, asal tidak berlebihan. Sebenarnya dari lima alasan motivasi yang mendasari para youtuber tersebut, masing-masing bisa berpotensi juga untuk dijadikan sebagai pundi-pundi penghasil rupiah.

Kunci utama agar sukses menjadi youtuber yaitu sebuah video yang unik, berkualitas dan bermanfaat. Unik dalam hal ini yaitu video yang kita buat dikemas dengan cara yang unik meskipun tema yang kita buat sudah ada yang pernah membuat sebelumnya.

Berkualitas dalam hal ini yaitu dari segi teknis. Video yang berkualitas yakni memiliki tampilan yang bagus, suara audio yang jernih, serta durasi yang pas. Bermanfaat yaitu dari video tersebut ada yang bisa diambil manfaatnya oleh yang melihat, bisa menghibur, menjadi inspirasi, menambah wawasan, dan lain sebagainya

Tags:

Leave a Reply